Wakil Bupati (Wabup) Badung, Bali, I Ketut Suiasa mengatakan jiwa nasionalisme sangat penting ditanamkan kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

"Karena semua masa depan bangsa dan untuk bisa membawa kemajuan dan kemakmuran kepada seluruh masyarakat di Indonesia ada pada tangan generasi muda," ujar Wabup Badung, Suiasa saat menerima audiensi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bali, di Mangupura, Senin.

Untuk itu, Wabup Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung yang bersinergi dengan LVRI Bali berencana menyelenggarakan seminar bertajuk "Jiwa Semangat 45" yang akan diikuti oleh guru-guru dan Ketua OSIS se-Kabupaten Badung.

Baca juga: Putri Koster: usia dini masa keemasan tanamkan nasionalisme

Seminar tersebut merupakan suatu upaya bersama untuk menanamkan nilai-nilai historis perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia agar tetap hidup di setiap diri generasi muda.

"Dengan demikian akan selalu ada semangat persatuan dan kesatuan dalam upaya mencegah disintegrasi bangsa Indonesia yang majemuk," ujarnya.

Terkait dengan Perayaan HUT Ke-63 LVRI Bali yang rencananya akan diselenggarakan di Badung. Wabup mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut dan siap melakukan sejumlah persiapan.

"Secara umum kami sudah menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. Itu sebagai ungkapan rasa terima kasih dan apresiasi kami atas perjuangan yang telah dilaksanakan oleh anggota LVRI Bali dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan NKRI," jelasnya.

Baca juga: Lemhanas rangkul "influencer" tingkatkan nasionalisme milenial

Sementara itu, Ketua LVRI Bali, I Gusti Bagus Saputera, menyebutkan, perayaan HUT LVRI Bali rencananya akan dipusatkan di Kabupaten Badung pada 30 Januari 2020.

Untuk itu, pihaknya berharap dapat terjalin komunikasi yang baik antara Pemkab Badung dengan LVRI demi lancar dan suksesnya perayaan HUT LVRI Bali itu.

"Kegiatan tersebut kami harapkan juga dapat memberikan pemahaman akan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan serta jiwa nasionalisme kepada generasi muda," tambahnya.

Nantinya, perayaan HUT LVRI Bali tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk seremonial yang diperkirakan dihadiri sekitar 500 orang anggota veteran se-Bali.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari Pemkab Badung dengan harapan kegiatan kami nanti berjalan dengan lancar dan sukses," ujar Gusti Bagus Saputera.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020