Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali bekerja sama dengan instansi terkait memberikan hadiah satu unit sepeda motor dan sejumlah hadiah menarik lainnya bagi wajib pajak yang taat membayar Pajak Kendaraan Bermotor tepat waktu dan bahkan belum jatuh tempo sepanjang 2019.

"Gebyar undian berhadiah ini baru pertama kali kami laksanakan, ini berkat dukungan dan kerja sama lembaga instansi terkait yakni Dirlantas Polda Bali, Jasa Raharja dan BPD Bali," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali I Made Santha setelah acara pengundian wajib pajak yang patuh membayar pajak itu di Denpasar, Selasa.

Santha mengemukakan wajib pajak yang berkesempatan nomornya diundi itu ada beberapa kategori yakni mereka yang tepat waktu jatuh tempo membayar pajak, satu bulan sebelum jatuh tempo sudah membayar pajak, hingga yang dua bulan dan tiga bulan sebelum jatuh tempo sudah membayar pajak.

Jumlah wajib pajak yang taat atau patuh ini dan berhak mengikuti undian berhadiah uang lebih dari Rp800 ribu, dan mereka telah menunaikan kewajiban perpajakannya periode Januari-November 2019.

Baca juga: Kanwil: Pertumbuhan pajak di Bali capai 15,07 persen

Jika dilihat dari jumlah wajib pajak yang reguler berdasarkan kepemilikan kendaraan bermotornya sekitar 3 juta unit, namun yang aktif menunaikan kewajibannya sekitar 2,6 juta.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh wajib pajak kendaraan bermotor yang telah ikut berpartisipasi menyelesaikan kewajibannya membayar Pajak Kendaraan Bermotor tepat waktu," ucapnya.

Selain berhadiah satu unit sepeda motor, Bapenda Bali bekerja sama dengan BPD Bali dan Jasa Raharja juga memberikan hadiah tiga unit TV LED, dua unit sepeda gunung, dan satu buah telepon genggam android.

"Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini menjadi motivasi kepada seluruh wajib pajak supaya ke depannya bisa memenuhi kewajibannya paling tidak tepat waktu. Apalagi menurut UU, wajib pajak boleh membayar pajak pada tahun berkenaan, dilakukan tiga bulan sebelumnya," ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali itu.

Baca juga: Survei: Kesadaran rakyat bayar pajak cukup tinggi

Sementara itu, Kepala UPTD Kantor Samsat Denpasar, Putu Sudiana menambahkan, wajib pajak yang beruntung mendapatkan hadiah undian tersebut, hadiahnya akan diserahkan pada 29 Desember 2019, dirangkaikan dengan peringatan HUT Bapenda Bali dan rencananya hadiah akan diserahkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

"Kalau tahun ini hadiah utamanya sepeda motor, maka tahun depan hadiah utamanya satu unit mobil dan tadi sudah disanggupi akan disediakan oleh Bank BPD Bali, sedangkan untuk hadiah sepeda motor jumlahnya nanti akan lebih dari satu, di samping hadiah televisi dan sepeda gunung serta yang lainnya lebih banyak lagi," ucap Sudiana.

Baca juga: Bapenda Bali ajak masyarat maksimalkan program pemutihan

Rangkaian HUT Bapenda Bali pada 29 Desember mendatang juga akan dimeriahkan dengan lomba senam "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" yang akan diikuti 10 tim, yakni satu tim dari Bapenda Bali dan sembilan tim perwakilan UPTD Samsat di sembilan kabupaten/kota di Pulau Dewata.

Selain itu, akan diserahkan hadiah bagi insan Bapenda Bali dan UPTD Samsat yang paling banyak berhasil menarik wajib pajak yang masuk kategori belum daftar ulang (BDU) untuk memenuhi kewajibannya.

Pihaknya mengapresiasi kesadaran wajib pajak yang sudah taat melunasi kewajibannya membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Bahkan, realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga saat ini sudah 104 persen dari target yang sudah ditetapkan.

"Mudah-mudahan dengan waktu yang tersisa hingga akhir Desember ini bisa tembus 108 persen. Target untuk di Denpasar paling besar karena kami ditargetkan lebih dari Rp1 triliun," ujar Sudiana.

Wajib pajak yang beruntung mendapatkan hadiah utama satu unit sepeda motor Yamaha NMAX 155 adalah I Putu Abdi Setiawan Putra dengan nomor kendaraan DK 3170 ZV. Sedangkan yang beruntung mendapatkan mendapatkan masing-masing satu unit televisi LED yakni Hj Nuraini (DK1478UE), I Gusti Ngurah Mega Putra (DK2859MV), dan Ni Putu Dian Agustina (DK4787AAS).

Hadiah sepeda gunung diperoleh Ir Muhammad Arief (DK5657EF) dan Ketut Tirtayasa (DK2748UAL), serta yang terakhir Harsono (DK3085OW) mendapatkan telepon genggam android.

Proses pengundian dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik berupa laptop oleh perwakilan masyarakat yang saat itu berada di UPTD Samsat Denpasar untuk membayar pajak kendaraan bermotor disaksikan Kepala Bapenda Bali, Kepala UPTD Samsat Denpasar, perwakilan Dirlantas Polda Bali, Jasa Raharja, dan BPD Bali, serta para wajib pajak.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019