Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan hadiah uang tunai, piala dan piagam penghargaan lomba layang-layang atau  "Klungkung Kite's Festival" yang diselenggarakan Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Desa Takmung di Pantai Sidayu pada 26-27 Oktober 2019.

“Ini mencerminkan niat kita untuk bersama-sama melestarikan budaya melayangan,” katanya saat menyerahkan hadiah di Balai Desa Adat Nyuh Aya, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Sabtu.

Ia mengatakan, tradisi melayangan telah ada secara turun-temurun yang diwariskan oleh para leluhur yang erat kaitannya dengan cerita Rare Angon.
Oleh karena itu, Suwirta menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada peraih juara lomba layang-layang serta para pecinta layang-layang tradisional Bali yang datang dari pelosok banjar (sekaa) yang tersebar di kabupaten/kota se-Bali.

Ajang Klungkung Kite’s Festival ke-3 tahun 2019, katanya, diikuti 465 layang-layang yang selain sebagai festival, juga bentuk pelestarian budaya dan penyalur bakat, termasuk sebagai salah satu daya tarik wisata.
 
“Melalui festival yang sudah menjadi kalender tahunan, menjadi ajang untuk melestarikan budaya yang sudah ada sejak dulu, dan bisa memberikan konstribusi yang besar bagi percepatan pertumbuhan wilayah dan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Klungkung,” kata Suwirta dalam acara yang dihadiri Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya serta undangan terkait lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival I Nyoman Mudita juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya "Klungkung Kite Festival" ke-3 Tahun 2019.

Ia mengungkapkan, dalam Klungkung Kite’s Festival kategori Bebean Plastik, Juara I diraih Relawan Manse, Seminyak, Juara II Jos Susu (Turbo Team) dan Juara III diraih Sub Zero-Bantug Crew.

Sedangkan untuk Kategori Pecukan, Juara I diraih Sekaa Wik Wik Tercinta, Batubulan Kangin, Juara II diraih Alit Widhiana dan Juara III diraih Sekaa Dewi Pancali.

Sementara untuk Kategori Janggan Buntut Plastik, Juara I diraih oleh Yellow Team, Keramas-Gianyar, Juara II diraih Tu Ajik Family dan Juara III diraih Sekaa Sri Melanting.

Kategori Janggan Plastik Juara I diraih Sekaa Royal Dragon, Juara II diraih Kubu Jero, Denpasar, Juara III diraih Rockiller Kite, Renon.

Untuk kategori Bebean Remaja, Juara I diraih Diego, Kerobokan, Juara II diraih Arbas Team, Denpasar dan Juara III diraih Tut Buda, Gianyar.

Kategori Pecukan Remaja, Juara I diraih Awas Setrum, Gianyar, Juara II diraih Mabuk Janda, Sukawati dan Juara III diraih sekaa Wee We Mai Mai Liak, Gianyar.

Kategori Janggan Buntut Remaja, Juara I diraih GPS Team, Desa Sakah, Juara II diraih Abirama, dan Juara III diraih Radika, Sukawati.

Kategori Janggan Remaja, Juara I diraih Bayu Segara Geni, Abian Base Gianyar, Juara II diraih Randu Team, Peguyangan dan Juara III diraih Jack, Yangbatu Denpasar.

Baca juga: 1.322 Layang-layang di Bali Siap Dilombakan

Untuk kategori Bebean Dewasa, Juara I diraih Bayu Segara Geni, Abian Base Gianyar, Juara II diraih Kama Jaya dan Juara III diraih Kak Landung.

Kategori Pecukan Dewasa, Juara I diraih Urwa Ningsih, Juara II diraih Kopi Sik Day, Desa Mawang,Gianyar dan Juara III diraih Tetani Bali.

Kategori Janggan Buntut Dewasa, Juara I diraih I Putu Gede Mahotra, Juara II diraih Reswara Team, Kesiman dan Juara III diraih Cristy.

Kategori Janggan Dewasa, Juara I diraih Kubu Desa, Penebel, Tabanan, Juara II diraih Ananta Sena, Denpasar dan Juara III diraih Sekaa No Label.

Terakhir untuk kategori Big Size, Juara I diraih Sekaa Lubak Bongol. Juara II diraih Govinda, Tabanan dan Juara III diraih Sekaa Doraemon, Batuyang Gianyar.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019