Pengusaha asal Kabupaten Klungkung, Bali, bersama pemodal Jakarta dan Malaysia siap bekerja sama untuk mengembangkan wisata perbukitan di Desa Besan, Kabupaten Klungkung, yang melibatkan Pokdarwis (kelompok Sadar Wisata) Desa Besan.

Kesiapan itu terungkap saat Camat Dawan, AA Putra Wedana, bersama Ketua Pokdarwis Desa Besan, Nengah Dikcy Supastawa, mengajak investor/pemodal beraudiensi dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di Kantor Bupati setempat, Kamis.

"Pengembangan desa wisata saat ini telah menjadi agenda global, bahkan menjadi salah satu tren pengembangan pariwisata di Bali. Tren ini merupakan respons terhadap motivasi baru dalam berwisata," kata investor Desa Wisata Besan, Made Andyana Putra.

Untuk itu, ia bersama Pokdarwis Desa Besan ingin mengembangkan pesona wisata yang dimiliki Desa Besan dengan membuat tempat rekreasi dan membuat destinasi wisata baru.

"Kami bersama beberapa investor dari Jakarta dan Malaysia ingin mengembangkan pesona wisata Bukit Abah dengan membuat tempat rekreasi dan destinasi wisata baru," ujarnya saat melapor kepada Bupati Suwirta.

Menanggapi hal itu, Bupati Suwirta menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan Pokdarwis Desa Besan untuk mendukung program-program pemerintah di bidang kepariwisataan.

Ia mengatakan pengembangan desa wisata harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas, berkompeten, memahami dan mengerti prinsip-prinsip dan konsep desa wisata.

"Pengembangan desa wisata harus didukung oleh SDM yang memang betul-betul mengerti dan berkecimpung langsung di dunia pariwisata," ujarnya.

Selain itu, pengembangan desa wisata harus melibatkan tokoh desa dan masyarakat setempat dengan mengedepankan asas manfaat bukan asas keuntungan.

"Keterlibatan masyarakat lokal merupakan unsur utama dalam pengembangan desa wisata ini, dengan demikian akan tumbuh rasa memiliki terhadap perkembangan pariwisata di desanya," ujarnya.

Bupati Suwirta berharap dengan menggandeng beberapa investor, pengembangan desa wisata besan bisa segera terwujud sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Desa Besan.
 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019