Dua inovasi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, berhasil meraih penghargaan TOP 45 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) setelah melewati proses seleksi dan terpilih dari 3.400 inovasi terbaik nasional tahun 2019.

Menurut keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, pada Selasa (15/10 ).

Pada kompetisi itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), menetapkan inovasi Pemkab Badung yaitu, Badung Anti Kantong Plastik (BATIK) Berbasis Kearifan Lokal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung dan inovasi aplikasi FishGo dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Badung menjadi pemenang TOP 45 dan berhak mewakili Indonesia di United Nations Public Service Awards (UNPSA) tahun 2020.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla menyampaikan apresiasi kepada pimpinan lembaga pemerintah dan non-pemerintah serta pemerintah provinsi/kabupaten yang telah berhasil mengembangkan inovasi dan meraih penghargaan Top 45.

Baca juga: Pemkab Badung samakan penghasilan kepala lingkungan dengan Kelian Banjar Dinas

"Inovasi harus tetap dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa di dunia internasional," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, keberhasilan dua inovasi Badung tersebut merupakan hasil kerja keras dan komitmen seluruh jajaran mulai dari Bupati, Wakil Bupati, DPRD, Komponen Perangkat Daerah dan seluruh masyarakat.

"Secara khusus saya mengapresiasi DLHK dan Balitbang Badung yang telah menjadi pionir yang menjadikan Badung sebagai role model nasional bahkan menjadi layanan publik kelas dunia," katanya.

Ia menjelaskan, diraihnya dua penghargaan untuk inovasi Batik dan FishGo tersebut patut disyukuri dan terus ditingkatkan karena nantinya inovasi itu akan mewakili Indonesia di level dunia.

Baca juga: Pemkab Badung resmikan ratusan bank sampah di Kuta Selatan (video)

"Saya berharap inovasi seperti ini tidak berhenti disini saja dan dapat terus dikembangkan dan diciptakan berbagai inovasi lainnya sehingga Badung mempunyai inovasi yang berkualitas, bermanfaat dan berkelanjutan, kata Bupati Giri Prasta.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019