Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar, Jawa Timur dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Bali, mengadakan kerja sama Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

"Kami mengawali kerja sama dengan sosialisasi perpustakaan Proklamator Bung Karno untuk menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi penerus bangsa dalam era informasi," ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung Ni Wayan Kristiani, di Mangupura, Kamis.

Pihaknya berharap kegiatan sosialisasi Perpustakaan Bung Karno itu dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat khususnya warga Badung agar ide, gagasan dan pemikiran Bung Karno dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.

"Apabila itu dapat diterapkan pada kehidupan saat ini, kami harap dapat membantu pencapaian kehidupan yang lebih bermartabat serta saling menghormati perbedaan yang ada," katanya.

Baca juga: Pemkab Badung luncurkan layanan perpustakaan digital

Sementara itu, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan sosialisasi itu karena bermanfaat untuk menggelorakan nilai-nilai perjuangan dan ketokohan dari Ir. Soekarno.

"Konsep ajaran Tri Sakti Bung Karno dan Marhaenisme ini memang satu tatanan nilai perjuangan yang mampu hidup dan berkembang di setiap zaman," katanya.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh bangsa Indonesia diharapkan tidak keluar dari koridor nilai-nilai dan semangat perjuangan dari Bung Karno sebagai pendiri Bangsa dan ketokohan Beliau. 

"Semoga seluruh masyarakat khususnya generasi muda dapat mengimplementasikan semua itu dalam kehidupan sehari-hari," ujar Wabup Suiasa. 

Baca juga: Perpustakaan Nasional promosikan gemar baca di Badung

Ia menambahkan, para peserta sosialisasi yang berjumlah sekitar 300 orang peserta yang terdiri dari Aparatus Sipil Negara di lingkungan Pemkab Badung, dosen, guru, mahasiswa, pelajar, pengelola perpustakaan sekolah dan tokoh masyarakat itu dapat menularkan informasi ataupun tatanan nilai ketokohan Bung Karno sebagai tokoh perjuangan Bangsa Indonesia agar terus digelorakan di masyarakat.

"Kami ingin selalu menjaga, membangun rasa idealisme kebangsaan untuk menjaga keutuhan Bangsa Indonesia dan mempertahankan empat pilar kebangsaan yang merupakan harga mati untuk kami," kata Wabup Suiasa.

Baca juga: Dinas Perpustakaan Buleleng terbitkan buku tentang kain endek

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019