Nusa Dua, Bali (Antara Bali) - Polda Bali akan melakukan pengamanan KTT ke-19 ASEAN sesuai dengan standar pengamanan protokoler yang berlaku secara universal di seluruh negara.

"Dari persiapan-persiapan itu kami sudah melakukan tahapan kegiatan berupa koordinasi, penyiapan secara fisik, sampai protokoler penyambutan para peserta," kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Bali Brigjen (Pol) I Ketut Untung Yoga Ana, di Nusa Dua, Minggu malam.

Ada aturan universal di dunia antara negara satu dengan yang lain menyambut secara protokoler kedatangan kepala negara yang harus dipatuhi, kata dia.

Ia menyampaikan bahwa memang ada beberapa hal yang ketat dalam protokoler dan di bawah koordinasi Paspamres karena kehadiran beberapa kepala negara, memang mengandung konsekuensi berlakunya aturan protokoler pimpinan negara setingkat presiden.

"Oleh karena itu, beberapa teman dari pemangku kepentingan dan komunitas adat sudah kami sampaikan tentang kondisi tersebut. Konsekuensi sebagai tuan rumah, ada beberapa titik yang memang ketat protokolernya," ujarnya.*

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011