Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali mendukung adanya revisi mengenai Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 10 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, yang evaluasinya dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

"Kami Fraksi PDI Perjuangan secara umum mendukung dan dapat menerima upaya yang dilakukan gubernur dalam rangka menyusun perangkat daerah yang lebih efektif dan responsif, dalam mewujudkan pencapaian visi dan misi Provinsi Bali," kata Pandangan Fraksi PDIP yang dibacakan Diah Werdhi Srikandi pada sidang Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Bali.

Ia mengatakan, pihak Fraksi PDI Perjuangan mendukung perubahan perangkat daerah, berupa pembentukan unit baru, penggabungan unit-unit yang sudah ada, penghapusan unit-umt yang sudah ada dan perubahan fungsi-fungsi unit yang sudah ada dengan dasar pertimbangan.

Menurut dia, jika sudah berdasarkan acuan dan pertimbangan dengan memperhatikan kedekatan karakteristik urusan pemerintahan termasuk juga keterkaitan antar penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dimaksud.

"Kami yakin dan percaya, bahwa dalam melakukan perubahan tersebut gubernur dan jajarannya pastilah sudah mempertimbangkan matang-matang seluruh aspek lanjutan, konsekuensi logis dan penatalaksanaan dari langkah perampingan, penataan dan efektivitas seperti yang masuk dalam wilayah kewenangan gubernur," ujarnya.

Oleh karena itu, Fraksi PDI Perjuangan memahami tujuan dari pemerintah jika sudah melakukan penelitian, pengembangan dan inovasi, serta prinsipnya dapat memahami dan menyetujuinya. Karena merupakan rencana tidak lanjut dari Perda yang kita telah tetapkan bersama dan beberapa kali telah sempat mengemuka dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya.

Yang terpenting adalah ikhtiar dan Iangkah-langkah ini, benar benar dapat memberi dukungan penuh dan fokus kepada pemerintah (gubernur) dalam mewujudkan visi dan misi Provinsi Bali secara lebih efektif dan responsif, tepat guna dan berhasil guna sebagaimana yang direncanakan.

"Kami mengharapkan masing-masing perangkat daerah nantinya agar benar-benar dapat dengan fokus membantu gubernur dalam mewujudkan visi dan misi Provinsi Bali secara lebih baik, efektif dan responsif," ujarnya.


 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019