Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Denpasar, Bali menyongsong hari jadi ke-22 pada 1 Juli mendatang dengan mengadakan sarasehan dan temu pelanggan serta berbagai perlombaan.

Saat membuka sarasehan di Denpasar, Selasa, Sekda Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara mengharapkan PDAM terus meningkatkan profesionalisme kerja seluruh jajaran pegawai PDAM Denpasar dengan bersandar pada slogan "Sewaka Dharma" yakni melayani adalah kewajiban.

Ia mengatakan slogan pelayanan tersebut telah mengakar pada peningkatan kualitas pelayanan seluruh jajaran Pemkot Denpasar hingga perusahaan daerah yang ada, termasuk PDAM menjadi salah satu perusahaan daerah pemkot yang telah mengemas peningkatan profesionalisme lewat sarasehan.

Pada kegiatan sarasehan tersebut melibatkan narasumber Prof Dr. I Wayan Ramanta, Asisten Administrasi Pembangunan IGA Bintang Darmawati dan Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar IGN Edy Mulya.

"Kami harapkan dalam sarasehan ini mampu memberikan dampak pada peningkatan kualitas kerja dan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Dalam bekerja juga diingatkan kepada seluruh jajaran PDAM Denpasar agar selalu bekerja bersandar pada aturan yang ada. Koordinasi dan komunikasi dapat juga terus ditingkatkan yang mampu menjadi sebuah kebersamaan dalam pelayanan air minum kepada masyarakat.

Kemasan dalam kegiatan HUT PDAM sangat baik dan menjadi momentum pada pelayanan kepada masyarakat. Ada kegiatan sosial, olahraga, hingga pelaksanaan ritual "pakelem" (sebuah korban suci ke danau atau laut).

Asisten Administrasi Pembangunan Kota Denpasar Bintang Darmawati mengatakan bahwa dalam kesempatan ini bersama sama akan membahas bagaimana pelaksanaan PDAM Denpasar dalam memberikan pelayanan. Terlebih dalam ajang HUT PDAM, agar melakukan refleksi diri, mengoreksi diri hingga menyikapi perkembangan ke depan yang ada.

Menurut dia, PDAM sebagai Perusahaan Daerah Pemkot Denpasar harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat serta di sisi lain supaya mendukung Pembangunan Denpasar.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar Edy Mulya dalam pemaparannya tentang slogan pelayanan "Sewaka Dharma" dapat terus digelorakan serta mampu terus mengakar dalam setiap peningkatan pelayanan bagi seluruh jajaran PDAM Denpasar.

Sementara itu, narasumber Prof Dr. I Wayan Ramanta menekankan pada "Good Corporate Governance" dalam tata kelola perusahaan yang baik diperlukan dalam rangka melaksanakan manajemen yang dilimpahkan oleh pemilik kepada Pemkot Denpasar atas kekayaan yang dipisahkan agar bisa kerja cerdas, hingga kerja tuntas.

Sementara Direktur Utama PDAM Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana mengatakan dalam HUT ke-22 PDAM Denpasar dengan penguatan tema "Tingkatkan Produktivitas Kerja dan Kebersamaan dalam Melayani untuk Menyongsong Terbentuknya Perumda Tirta Sewaka Dharma".

Tujuan sarasehan tersebut memberikan pemahaman tentang kewiraswsstaan dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik. Harapan agar seluruh karyawan berinteraksi dengan pemilik yakni Pemkot Denpasar.

Arsana menjelaskan serangkaian HUT ke-22 PDAM telah menggelar bantuan sosial, kunjungan sosial kepada pegawai dan pensiunan pegawai yang sakit. Disamping itu setiap ulang tahun rutin melakukan upacara ritual "Pekelem" di Pura Ulun Danu Batur yang sudah dilakukan pada 31 Mei lalu.

"Hari ini (Selasa), kami juga mengadakan temu pelanggan yang bertujuan untuk mendapatkan masukan atau keluhan dari masyarakat, sehingga kami dapat mengukur kinerja dan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019