Denpasar (Antara Bali) - IPSI Bali siap menjadi juara umum pada Kejuaraan Nasional Pencak Silat yang dikaitkan dengan babak kualifikasi PON di GOR Purna Krida Kerobokan, Kabupaten Badung, Januari 2012.

"Kami siap bekerja keras sebagai tuan rumah dan menjadi juara umum babak kualifikasi PON," kata Sekretaris Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali Nyoman Yamadhiputra di Denpasar, Sabtu.

Pulau Dewata ditunjuk sebagai tempat menjaring pesilat-pesilat Nusantara yang berhak lolos ke PON 2012 di Riau. "Karena itu pesilat kita harus siap menghadapi lawan-lawan tangguh, karena semua atlet ingin lolos berlaga di PON," ucapnya.

IPSI Bali lebih awal memilih atlet dengan membentuk tim pemantau guna dipersiapkan ke kejurnas/pra-PON tersebut melalui berbagai kejuaraan, termasuk dari hasil Porprov Bali 2011 sebagai utusan dari semua kabupaten.

Pesilat yang menjadi juara pada Porprov Bali X/2011 belum tentu bisa maju ke pra-PON. Mereka masih dinilai teknik permainannya, mental dan prestasi yang dimiliki selama ini baik di tingkat daerah maupun nasional.

Yamadhiputra mengatakan, atlet yang kemungkinan bisa maju ke babak pra-PON di Bali nanti diutamakan dari pesilat yang memiliki prestasi dari penampilan pesilat di kejuaraan nasional sebelumnya dan SEA Games 2011.

"Kami ingin sebanyak mungkin pesilat turun dan mampu menjadi juara umum pra-PON," ujarnya seraya mengingatkan, silat menjadi salah satu andalan daerahnya dalam meraih medali emas di PON 2012, disamping cabang olahraga perorangan lainnya.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011