Sebanyak 23 pegawai dan dosen Undiksha Singaraja menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden yang diserahkan Rektor Undiksha Prof. Dr. Nyoman Jampel saat apel peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di kampus setempat (2/5).

"Ke-23 PNS di Undiksha yang mendapatkan tanda kehormatan itu telah menjalankan masa tugas 10 sampai 30 tahun," kata Rektor Undiksha Prof. Dr. Nyoman Jampel dalam keterangan pers yang diterima, Jumat.

Prof Jampel berharap seiring dengan lamanya waktu pengabdian di Undiksha hendaknya ada upaya peningkatan diri dari segi strata pendidikan maupun profesionalitas bekerja. "Meningkatkan kualitas diri dalam artian kalau belum doktor harus kuliah lagi, kalau belum profesional harus lebih profesional lagi," katanya.

Menurut Jampel, salah satu hal yang menjadi evaluasi dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) dalam Hadiknas adalah menghadapi revolusi industri 4.0.

"Perguruan tinggi yang melaksanakan proses pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat harus dapat menggunakan teknologi informasi yang dipandang sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan daya saing," katanya.

Jampel mengatakan, proses pembejalaran online harus menjadi skala prioritas. Untuk menyambut kebijakan itu, Undiksha sudah melakukan revisi Kurikulum 2016 menjadi kurikulum yang beriorientasi pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, KKNI, dan kurikulum internasional.

Khusus terkait pembelajaran online, kata Jampel, di Undiksha sudah berjalan pada Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) kisaran 50 persen dan pelaksanaan workshop Pendidikan Profesi Guru (PPG) sudah 100 persen.

Pada tahun ajaran 2019/2020, seluruh program studi dituntut melaksanakan minimal 25 persen mata kuliah. "Ini terus kami genjot untuk meningkatkan daya saing," tegasnya.

Di Kabupaten Tabanan, upacara peringatan Hardiknas Tahun 2019 yang dipimpin Sekretarias Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, juga ditandai dengan adanya 300 orang yang diangkat menjadi CPNS dari Formasi Umum dan eks Tenaga Harian K2 tahun anggaran 2018.

"Tunjukan rasa syukur saudara dengan bekerja secara sungguh-sungguh, tingkatkan loyalitas dan disiplin untuk mengabdi kepada Pemerintah, Bangsa dan Negara," katanya.

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019