Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung, Bali, melatih 50 pemuda se-Badung dalam hal kepemimpinan guna mendorong pemuda setempat untuk terus meningkatkan daya saing dalam membangun bangsa.

"Para pemuda kami arahkan untuk menumbuhkan patriotisme, budaya prestasi dan semangat profesionalisme dalam mencapai pemuda yang maju, yaitu pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing," ujar Kabid Pemuda Olahraga, Disdikpora Badung, I Nyoman Punia, dalam keterangan pers dari Humas Pemkab Badung yang diterima, Jumat.

Saat membuka Pelatihan Kepemimpinan bagi Pemuda se-Badung, di kawasan Kuta Utara, Badung (11/4), ia mengatakan pelatihan itu digelar untuk mendorong tumbuhnya kepekaan generasi muda dalam meningkatkan prestasi dan agar mereka dapat berperan aktif dalam membangun diri, masyarakat, bangsa dan negara.

"Saya harap peserta pelatihan nantinya mampu berdaya saing, berprestasi dan berpartisipasi aktif dalam menghadapi tantangan global dan mengembangkan potensi manajerial, kewirausahaan dan kepeloporan pemuda,” katanya.

Ia berharap kegiatan pelatihan serupa, dapat dilakukan secara berkesinambungan secara rutin. Kegiatan tersebut digelar selama empat hari yang diikuti oleh 50 orang pemuda yang memiliki KTP dan beralamat di wilayah Kabupaten Badung.

“Saya harap, pengetahuan yang di dapat selama pelatihan ini dapat disebarluaskan dan ditularkan kepada rekan-rekan peserta di sekolah. Para peserta juga harus memberikan contoh baik di lingkungan sendiri maupun di lingkungan masyarakat," kata Nyoman Punia.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia, I Nyoman Suditra menjelaskan, pelatihan kepemimpinan pemuda tersebut akan memberikan pengetahuan agar para peserta dapat bekerja sama baik dalam kepeloporan kepemudaan maupun di bidang kepemimpinan pemuda.

"Kami ingin meningkatkan peran serta pemuda dalam pengembangan karir sebagai pemimpin masa depan serta meningkatkan pemahaman mengenai kepemimpinan dan kepeloporan pemuda sebagai bekal mereka kedepan," ujarnya. (*)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019