Denpasar (Antaranews Bali) - Keberadaan kapal polisi Prawira Raksa Ghora (PRG) yang baru diresmikan Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus R. Golose di Pulau Serangan, Rabu, diyakini siap mencegah ancaman masuknya peredaran narkoba melalui jalur laut dan juga berguna untuk melindungi wisatawan yang datang ke Pulau Dewata.

"Keberadaan kapal kecil ini sangat kita perlukan untuk pengamanan wilayah laut Bali, maupun untuk kegiatan bantuan evakuasi. Karena kapal ini bisa masuk ke perairan dangkal," ujar Golose usau peresmian Kapal Polisi PRG di Pulau Serangan, Denpasar, Rabu.

Pihaknya juga telah memerintahkan Direktur Polair Polda Bali, Kombes Pol Hadi Purnomo untuk melakukan penertiban di wilayah pesisir dengan menggunakan kapal ini.

Untuk kondisi perairan di Bali saat ini, dikatakan Golose, masih tergolong kondusif tanpa adanya pelanggaran seperti yang dijelaskannya.

Melihat potensi laut di Bali luar biasa, kata jenderal bintang dua ini, sehingga perlu dilakukan pengawasan jajaran Polairud secara ketat.

Dengan adanya kapal ini, juga dapat membantu evakuasi insiden kecelakaan di laut yang terkadang sering menimpa wisatawan mancanegara saat bermain di pesisir pantai.

"Saat ini kepolisian di Bali sudah memiliki peralatan yang lengkap diantaranya helikopter, kapal patroli," ujarnya.

Dengan menambah armada kapal ini, bisa menambah kinerja Polairud Polda Bali dalam upaya penjagaan dan pelayanan di laut.

Golose menambahkan, pada Kamis (21/2) besok jajaran Polda Bali akan melakukan kegiatan bersih-bersih sampah plastik dipesisir pantai seluruh Bali.

"Hal ini dilakukan guna Bali tetap menjadi tujuan destinasi wisata primadona wisatawan mancanegara. Mudah-mudahan Bali bisa terbebas dari sampah. Meski sulit, namun ini menjadi salah satu tujuan kepolisian," katanya.

Golose menegaskan, tugas polisi selain melakukan penegakan hukum dan pengaman, juga ikut membantu pemerintah daerah untuk melakukan kegiatan bersih pantai ini.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019