Denpasar, Bali (Antaranews Bali) - Koramil 1611-07/Denpasar Barat, Kodam IX/Udayana melaksanakan giat bersih-bersih bantaran Tukad Badung (Sungai Badung), Kelurahan Dauh Puri, Denpasar, agar mencegah banjir akibat genangan sampah dan ranting pohon.

Danramil 1611-07/Denbar Mayor Inf Ircam Effendi di Denpasar, Jumat, mengatakan kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan guna menindaklanjuti apa yang menjadi petunjuk pimpinan, khususnya kepekaan jajaran TNI terhadap kondisi lingkungan.

"Mengingat cuaca belakangan ini terjadi curah hujan sangat tinggi dibarengi angin kencang, sehingga ini memberikan dampak yang kurang baik terhadap lingkungan termasuk terhadap kondisi bantaran sungai," ujarnya.

Kegiatan dengan mengerahkan puluhan personel Koramil 1611-07 bersama masyarakat juga membersihkan material lain yang dapat mengganggu aliran air sungai yang membelah jantung Kota Denpasar itu.

Sementara itu, Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo, S.E., mengatakan menghadapi kondisi cuaca belakangan dimana terjadi longsor, banjir dan pohon tumbang, satuannya menekankan ke jajaran untuk melaksanakan serbuan teritorial secara tersebar di masing-masing Koramil.

"Curah hujan yang tidak menentu akhir-akhir ini menyisakan serangkaian dampak buruk, yang terjadi di beberapa wilayah Koramil jajaran Kodim 1611/Badung," kata Dandim.

Ia menegaskan, kegiatan karya bakti serbuan teritorial ini dilaksanakan sebagai penanganan nyata dengan melakukan pembersihan sekaligus langkah antisipasi kemungkinan yang timbul akibat cuaca buruk yang terjadi belakangan.

Dalam kegiatan ini, lanjut Dandim, TNI akan terus bersinergi dengan komponen masyarakat guna menekan masalah lingkungan.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019