Denpasar (Antaranews Bali) - Ratusan personel Polda Bali dan Polresta Denpasar melaksanakan apel kesiapan pengamanan Operasi Gapura Agung di halaman depan Mapolda Bali, Sabtu, guna mengamankan Kongres PSSI di Pulau Dewata.

Pelaksanaan apel dipimpin langsung Wadir Samapta Polda Bali, AKBP I Nengah Subagia di Denpasar, yang mengarahkan agar anggotanya siap siaga dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

"Polda Bali menggelar Operasi Gapura Agung selama dua hari (19-20 Januari 2019) untuk mengamankan kongres tahunan PSSI di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali," ujar I Nengah Subagia.

Menyikapi agenda tersebut, perwira melati dua di pundak ini meminta kepada para Kasatgas untuk mengatur anggota bawahannya agar seluruh rangkaian kegiatan kongres berjalan aman, tertib dan lancar.

Untuk Jalur yang dilalui para delegasi, mulai dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sampai Hotel Sofitel agar ditempatkan personel yang dinilai memiliki kerawanan.

Kongres rutin tahunan ini akan dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Kemenpora, KONI dan pengurus FIFA. Berdasarkan data dari panitia, sekitar 250 orang akan hadir dalam kongres ini.

"Untuk hari ini para peserta melaksanakan registrasi ke panitia untuk mendapatkan ID Card," ujar Subagia selaku Kaopspam.

Untuk kegiatan Minggu (20/1) besok adalah pelaksanaan kongresnya yang dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pertama acara pembukaan, sesi kedua rapat pleno. Kemudian pada sore hari, para peserta akan melaksanakan pertandingan sepak bola.

"Sebelum kegiatan registrasi dimulai, Brimob agar melaksanakan sterilisasi," katanya.

Kemudian anggota yang mendapat tugas di pintu masuk agar segera menempatkan alat "secdoor" berupa metal "detector". Sementara untuk anggota yang lain agar menyesuaikan dan segera menempati tempat penugasan sesuai yang diatur oleh Kasatgas.

“Saya minta dalam pengamanan ini agar dilaksanakan secara maksimal, sesuai rencana pengamanan," katanya.

Ia menegaskan, apabila menemukan kendala segera laporkan ke posko atau pimpinan melalui alat komunikasi yang ada, seperti Handy Talkie (HT) dan telepon genggam.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019