Badung, Bali (Antaranews Bali) - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung menyelenggarakan kegiatan aksi bersih pantai di pesisir Pantai Perancak, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, sebagai rangkaian dari kegiatan Gema Bakti Pramuka tahun 2018.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, saya ingin mengajak semua pihak untuk selalu berusaha menjaga kebersihan lingkungan masing-masing serta membudayakan hidup bersih dan sehat," ujar Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Badung, sekaligus Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Babang Badung, I Ketut Widia Astika, Selasa.

Ia menjelaskan, melalui kegiatan itu, pihaknya ingin mengajarkan adik-adik Pramuka untuk bagaimana setiap saat menjaga kebersihan. Karena menurutnya, kebersihan itu merupakan hal yang wajib dilakukan bukan hanya di sekolah, di rumah tetapi juga harus di lingkungan sekitar dan salah satunya di Pantai Perancak tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih karena kalian telah ikut mengambil bagian dalam upaya kami menjaga dan melestarikan lingkungan. Itu merupakan amanah Dasa Dharma Pramuka, diantaranya adalah cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, itu juga bagian dari upaya untuk membina anak-anak kami demi membentuk karakter yang mencintai lingkungannya masing-masing,“ katanya.

Sekretaris II Kwarcab Badung, Nengah Mustika menjelaskan, kegiatan bakti sosial itu diharapkan dapat mendidik dan melatih anggota Pramuka untuk memiliki rasa peduli terhadap pembangunan di masyarakat, khususnya di Pantai Perancak sebagai sasaran kegiatan gema bakti Pramuka kwarcab Badung 2018.

"Kegiatan sosial ini diikuti oleh anggota pramuka golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pembina sekitar 1.000 orang, anggota Saka Kalpataru Cabang Badung sebanyak 50 orang, aparat desa, PKK serta anggota karang taruna Desa Tibubeneng sebanyak 150 orang," ujarnya.

Sementara itu, kegiatan Gema Bakti Pramuka 2018 itu selanjutnya akan dilaksanakan di Puspem Badung Mangupraja Mandala, Mangupura, dengan melakukan kegiatan upacara dan lomba-lomba.

Selain itu, kegiatan aksi bersih pantai tersebut juga merupakan kelanjutan dari kegiatan anggota Pramuka Saka Kalpataru yang telah diawali dengan kegiatan penanaman pohon di Desa Sibangkaja, Badung. 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018