Badung (Antaranews Bali) - Menteri Pariwisata dan Warisan Dunia Republik Zanzibar, Mahmoud Thabit Kombo, beserta rombongan melakukan kunjungan ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupura, Bali.

"Kunjungan kami ke Badung ini bertujuan untuk mensinkronkan daerah Zanzibar dengan alam Bali mengingat apa yang ada di Pulau Bali hampir sama dengan apa yang ada di Zanzibar seperti buah-buahan dan hasil bumi lainnya," ujar Menteri Mahmoud Thabit Kombo, Kamis.

Ia mengatakan, pemerintah Zanzibar juga mengembangkan minyak kelapa untuk "oil spa" seperti apa yang ada di Bali. Dalam kesempatan itu, ia juga berharap kunjungan tersebut akan terus terjalin mengingat pengembangan potensi wisata di Zanzibar juga berakar dari budaya dan hasil bumi daerah setempat.

"Semoga apa yang kami peroleh dari kunjungan ke wilayah Badung ini dapat kami kembangkan di Zanzibar,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga tidak salah untuk mengunjungi Badung karena daerah itu menjadi tujuan pariwisata dunia dengan keindahan alam dan karakter masyarakatnya yang ramah.

"Keindahan wilayah Bali khususnya Kabupaten Badung sangat berbeda dengan daerah lain yang pernah kami kunjungi. Kehadiran kami kesini telah menggugah kami untuk dapat mengambil hikmah
agar apa yang ada disini dapat kami kembangkan di Zanzibar sesuai potensi yang kami miliki," kata Mahmoud Thabit Kombo.

 Baca juga: Menteri Informasi Zanzibar: ada kemiripan Indonesia-Zanzibar

Sementara itu, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, yang menerima langsung kehadiran Menteri Mahmoud Thabit Kombo mengatakan, Pemkab Badung berharap kunjungan itu tidak hanya berhenti sampai disini mengingat Kabupaten Badung Bali yang mempunyai  karatiristik alam yang hampir sama dengan apa yang ada di Republik Zanzibar sehingga kedepannya bisa terjalin kerjasama yang berkelanjutan.

"Kehadiran Menteri Informasi Pariwisata dan Warisan Dunia Republik Zanzibar Mahmoud Thabit Kombo beserta rombongan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan para kepala Negara di Badung saat Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group bulan Oktober lalu," ujarnya.

Menurut Wabup Suiasa, saling berbagi informasi sangatlah penting pada era seperti saat ini dalam bidang apapun termasuk pariwisata.

"Badung sebagai pintu gerbang pariwisata di Bali dan Indonesia mengharapkan kehadiran wisatawan dari penjuru dunia selalu stabil bahkan bertambah setiap tahunnya. Tentunya kunjungan ini disamping untuk menjalin silaturahmi dan saling berbagi informasi juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Badung nantinya," katanya.

"Silaturahmi Zanzibar dengan Badung saya harap agar terus dapat terjalin dengan pengembangan sarana dan prasarananya. Itu tentu sangat penting untuk saling berbagi beebagai informasi baik dalam pengembangan pariwisata Badung dan Zanzibar” ujarnya. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018