Badung (Antaranews Bali) - Rombongan delegasi Global Health Security Agenda (GSHA) bersama Tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengunjungi Puskesmas Abiansemal I di Blahkiuh, Kabupaten Badung, Bali.

“Pemkab Badung selalu berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan sesuai dengan siklus kehidupan manusia. Mulai dari dalam kandungan sampai lansia bahkan sampai meninggal mendapatkan santunan yang dikenal dengan santunan kematian,” ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, saat menyambut delegasi, Kamis.
 
Dalam kesempatan itu, Wabup Suiasa yang didampingi Kadis Kesehatan Badung, dr I Gede Putra Suteja dan Kepala Puskesmas Abiansemal I, drg. Rai Sukadani, memaparkan berbagai program dan inovasi dalam bidang kesehatan yang dimiliki oleh Pemkab Badung kepada delagasi yang berasal dari 15 negara tersebut.

"Untuk memenuhi kebutuhan terkait pelayanan kesehatan, Pemkab Badung memiliki satu rumah sakit pemerintah tipe B, 13 Puskesmas yang semua terakreditasi dan 54 Puskemas Pembantu," kaya Wabup Suiasa.

Ia menjelaskan, sejumlah inovasi dan terobosan yang telah dilakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat diantaranya seperti layanan UGD 24 jam, vaksinasi kanker serviks untuk siswi SMP, SMA dan pegawai di lingkungan Pemkab Badung, deteksi dini kanker payudara mobile (Mawas), program Badung Getting To Zero dalam penanggulangan HIV/AIDS, layanan komprehensif berkesinambungan (LKB), dan layanan ambulans desa.

"Selain itu, sejak bulan Januari 2017, seluruh pelayanan kesehatan dijamin oleh pemerintah daerah dan setiap penduduk yang memiliki KTP Badung dijamin kesehatannya dan saat ini sudah universal health coverage (UHC)," ujarnya.

Ia menambahkan, pelayanan dan inovasi dalam bidang layanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting, karena Bali sebagai destinasi pariwisata dunia memiliki tingkat sensitifitasi yang cukup tinggi terhadap isu penyebaran berbagai penyakit menular.

“Karena hal tersebut, maka Pemkab Badung selalu memberikan perhatian dengan meningkatkan mutu dan akses pelayanan dalam bidang kesehatan,” kata Suiasa.
 
Sementara itu, kunjungan lapangan tersebut dipandu oleh staf Kemenkes RI Bidang Layanan Kesehatan, Monika Saraswati Sitepu. Tema yang diangkat dalam kegiatan itu adalah mencegah, mendeteksi dan merespon cepat berbagai penyakit menular berpotensi wabah.

Diakhir kunjungan, para delegasi GSHA sempat meninjau secara langsung pelayanan yang dilakukan Pemkab Badung di Puskesmas Abiansemal I. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018