Singaraja (Antaranews Bali) - Halaman rumah dinas Bupati Buleleng yang cukup luas di Jalan Ngurah Rai Singaraja disulap menjadi ruang terbuka hijau (RTH) untuk kegiatan olahraga "jogging track" dan areal permainan anak-anak yang terbuka bagi masyarakat umum.

"Dinas Perumahan Permukiman Pertanahan (Perkimta) Buleleng menganggarkan Rp1,3 miliar untuk membangun RTH di halaman rumah dinas Bupati," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perkimta Buleleng Ni Nyoman Surattini di Singaraja, Buleleng, Bali, Jumat.

Surattini mengatakan pengerjaan RTH itu sudah mulai dilaksanakan. Sesuai perencanaan, RTH itu dibangun dengan menyulap areal kosong di sebelah selatan jalan masuk menuju rumah dinas Bupati.

"Pintu masuk ke rumah dinas ini akan dibuat lurus ke timur sampai lobi rumah dinas. Untuk membatasi antara jalan masuk ke rumah dinas dengan areal RTH, Perkimta akan membangun pagar permanen," katanya.

Tanaman perindang yang ada di halaman rumah itu, kata Surattini, akan tetap dipertahankan semuanya. Untuk tahap awal, rekanan akan membuat pertamanan dilengkapi dengan "jogging track" dan areal permainan untuk anak-anak.

Selain itu, juga akan dibuat "boulevard" untuk membatasi antara pertamanan dengan lintasan "jogging track" dan juga areal permainan anak-anak tersebut.

Pada tahun berikutnya, pembangunan RTH akan dilanjutkan dengan pembangunan areal parkir bus dan kendaraan kecil. Areal parkir ini akan dibangun dengan menyulap gedung Wanita Laksmi Graha yang terletak tepat di sebelah barat Tugu Singa Ambararaja.

"Dari areal parkir ini, pengunjung akan bisa berjalan santai sambil mengabadikan lambang Buleleng di Patung Tugu Singa Ambararaja," katanya.

Tidak hanya itu, pengunjung dapat melanjutkan dengan berwisata ke Gedong Kirtya, Museum Buleleng, lalu mengunjungi kediaman orang tua Bung Karno di Lingkungan Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Singaraja.

Secara terpisah, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan pembangunan RTH di halaman rumah dinas itu memang untuk menambah fasilitas publik di Bali Utara yang indah, asri dan nyaman bagi warga Kota Singaraja.

"Dengan RTH ini penampilan Kota Singaraja semakin tertata dan fasilitas umum ini menunjang pengembangan `city tour` dan tempat menggelar kegiatan positif lainnya," katanya, didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekkab Buleleng Ketut Suwarmawan. (WDY).

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018