Amlapura (Antaranews Bali) - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi wakilnya I Wayan Artha Dipa, mengajak seluruh elemen bangsa memperkuat rasa kepedulian sosial, khsusnya bagi korban gempa di Nusa Tenggara barat, terlebih pada momentum HUT ke-73 Kemerdekaan RI.
   
"Kami tentu  prihatin. Apalagi di Karangasem juga terdampak gempa. Kita harus berfikir positif. Mungkin dengan bencana yang terjadi mampu lebih memersatukan bangsa Indonesia. Terbukti dari bantuan-bantuan yang terus mengalir ke pusat gempa (Lombok)," ungkap Bupati I Gusti Ayu Mas  Sumatri di Karangasem, Senin (13/8).
   
Ia mengatakan, manusia tidak dapat mencegah gelaja alam, atau memprediksi kapan terjadi dan berapa kekuatannya. Namun ia mengimbau, sebagai manusia Indonesia yang ber-Pancasila, apapun yang terjadi harus berusaha bersyukur dan mengambil hikmah positif dari setiap peristiwa yang terjadi.
   
Kepada generasi muda, khususnya di Karangasem, Bupati Mas Sumatri kembali mengingatkan untuk mempersiapkan diri mengisi kemerdekaan dengan terus mengasah kemampuan, meningkatkan 'skill', menuntut ilmu setinggi mungkin, kreatif, serta mengasah spiritualitas demi kemajuan daerah bangsa dan negara kelak.
   
Meski Indonesia sudah merdeka, menurut dia, perjuangan bangsa tidak berhenti. Sebab masih ada musuh bangsa yang harus diperangi seperti kemiskinan, kebodohan, dan dampak negatif dari teknologi. "Walau kita hidup di zaman pascakemerdekaan, namun spirit para pejuang harus tetap berkobar dalam diri kita," imbuhnya.
   
Lebih lanjut di tahun polititik ini, Mas Sumatri berharap keutuhan NKRI tetap terjaga. Ia menyadari perbedaan pilihan politik berpotensi menimbulkan gesekan dengan isu-isu atau hoax yang dilempar pihak yang tidak bertanggunjawab.
   
Dia sangat yakin masyarakat Tanah Air sudah cerdas, melek politik dan bisa menyaring isu yang berpotensi memecah belah kesatuan negara. Sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan Kemerdekaan, ia mengajak masing-masing individu mengabdi dengan sebaik-baiknya pada bidangnya masing-masing.
   
"Jika kita menjadi petani, jadilah petani yang baik, jika jadi pegawai negeri, mengabdilah dengan baik. Begitupun pekerjaan yang lain. Lakukan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara," ujar Bupati I Gusti Ayu Mas  Sumatri. (*)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018