Mangupura (Antaranews Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta berharap juru taman (tukang kebun) yang bertugas di kawasan Pusat Pemerintahan setempat bekerja maksimal menjadikan kawasan Puspem Badung bersih, indah dan berseri.

"Kami berharap juru taman dapat bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja iklas," ujar Bupati Giri Prasta saat kegiatan penyerahan pakaian kerja lapangan kepada 151 orang juru taman, di Mangupura, Jumat.

Bupati Giri Prasta mengatakan, penyerahan pakaian kerja lapangan tukang kebun tersebut merupakan wujud perhatian dan bentuk penghargaan Pemkab Badung kepada tukang kebun yang sudah berkontribusi merawat taman dan lingkungan Puspem Badung.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada juru taman yang telah memberikan partisipasi dan kontribusinya dalam menjadikan Badung yang bersih dan indah," ujarnya.

Bupati Giri Prasta menjelaskan, taman di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung tidak hanya menjadi ruang terbuka hijau yang menyediakan kebun oksigen, namun juga menjadi objek wisata dan olahraga bagi masyarakat.

"Taman di Puspem Badung selain berfungsi memperindah dan mempercantik puspem, juga menjadi wahana rekreasi dan berolahraga sehingga dapat menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk bersosialisasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Giri Prasta mengatakan, pemberian pakaian kerja lapangan ini diharapan dapat meningkatkan semangat kerja serta motivasi bagi para juru taman.

"Kebersihan dan keindahan taman Puspem akan terus dipantau, dan kami akan memberikan `reward` dan tambahan penghasilan bagi juru taman dan pengawas yang bekerja maksimal menjaga zonanya bersih dan indah," katanya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Badung, Cok Raka Darmawan mengatakan, pemberian pakaian kerja lapangan bagi juru taman berupa topi, baju, celana `training` dan jas hujan ini baru partama kali dilaksanakan.

"Ini merupakan kebijakan dari Bupati Giri Prasta sebagai bentuk apresiasi kepada tukang kebun di lingkungan Pusat Pemerintahan Badung," ujarnya.

Raka Darmawan menjelaskan, dalam melaksanakan pekerjaan, juru taman Puspem Badung dibagi menjadi beberapa zona. Meliputi zona gerbang Puspem, zona taman timur, zona selatan, zona lapangan Puspem, zona kawasan Pura, zona kawasan DPRD dan penyapu seluruh kawasan.

"Tahun 2018, kebersihan Taman Puspem diintegrasikan pada Bagian Perlengkapan dan Perawatan dengan DLHK dan Dinas Kebudayaan. Kami harap pemberian pakaian kerja ini dapat menunjang keseragaman dan meningkatkan kinerja tukang kebun," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Fikri Yusuf

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018