Mangupura (Antaranews Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, mengapresiasi jajaran DPRD Badung yang telah menyetujui enam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) saat rapat paripurna tentang jawaban pemerintah atas Pemandangan Umum (PU) fraksi-fraksi.

"Atas nama pemerintah daerah, perkenankan saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Badung, yang telah melakukan pembahasan secara maksimal atas enam ranperda," katanya dalam siaran pers di Mangupura, Badung, Rabu.

Giri Prasta menjelaskan, dirinya mengapresiasi jajaran DPRD Badung karena telah melaksanakan amanat konstitusi dengan memberikan jawaban lewat Pemandangan Umum (PU) Fraksi. Dalam PU tersebut, keempat fraksi menyetujui semua substansi terhadap enam Ranperda.

"Semuanya setuju karena sejak awal sudah dirancang bersama mulai dari perencanaan, pengawasan dan pelaksanaannya sesuai dengan tugas dan fungsi dewan. Artinya, fungsi legislasi, `budgeting` dan `controling` sudah dilaksanakan dengan baik oleh dewan," katanya.

Ia mengingatkan bahwa apa yang dikerjakan bukanlah untuk mengejar jumlah penetapan produk hukum, melainkan benar-benar dilandasi niat untuk memberikan kepastian hukum pada berbagai aspek yang menyangkut kepentingan masyarakat serta tertib tata kelola pemerintahan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta yang membacakan sendiri jawaban pemerintah atas Pemandangan Umum Fraksi juga berterima kasih atas usulan satu Ranperda inisiatif dewan tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Sementara itu, enam Ranperda yang disetujui DPRD Badung, yaitu Ranperda tentang Dana Bergulir, dan Ranperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 9 Tahun 2010 tentang Izin Gangguan.

Selanjutnya, Ranperda tentang Penamaan dan Lambang Rumah Sakit Umum Daerah, Ranperda tentang Badan Pemusyawaratan Desa, Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Ranperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Akhirnya, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa memberikan bimbingan, tuntunan dan kekuatan sehingga kita bersama dapat mendarmabaktikan pengabdian kepada masyarakat menuju Badung yang Shanti dan Jagadihta," kata Giri Prasta.(WDY)

Pewarta: Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018