Denpasar (Antaranews Bali) - Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen (Pol) Petrus R. Golose, meminta seluruh media di Pulau Dewata untuk bersama-sama ikut mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah setempat yang aman dan damai.

"Kami mengundang para wartawan dan pimpinan redaksi (Pimred) sejumlah media di Bali agar ikut menciptakan suasana Pilkada Bali 2018 yang aman dan damai," ujarnya di Aula Perkasa Raga Garwita, Mapolda Bali, Denpasar, Senin.

Hal ini juga sebagai langkah Polda Bali menjalankan perintah Kapolri agar melakukan cipta kondisi dalam pengamanan pilkada di seluruh daerah dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi ini.

Faktor penunjang terselenggaranya Pilkada damai, bersih dan jujur tidak lepas dari peran insan pers. "Semua berita yang disampaikan itu positif atau negatif sangat ditentukan peran penting media," kata jenderal bintang dua ini.

Oleh karena itu, ia mengatakan kepolisian berharap besar kepada media massa di Bali juga untuk bersama-sama mendukung upaya pencegahan dengan promosi secara proaktif Pilkada damai untuk meminimalkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

"Saya memohon kepada media agar ikut menciptakan suasana damai menjelang Pilkada ini sehingga Pulau Bali yang penuh toleransi ini akan terus tercipta kedamaian kedepannya. Suarakan juga kedua pasangan calon Pilkada Bali ini siap menang dan siap kalah," katanya.

Apabila media dapat ikut berbartisipasi dalam menyuarakan Pilkada damai kepada kedua pasangan calon ini dan selanjutnya Kapolda juga menyuarakan kepada netizen/warganet, maka hal itu akan betul-betul mendukung upaya kepolisian dalam mewujudkan pilkada damai.

"Kalau Bali bisa melaksanakan Pilkada damai, maka akan mempengaruhi pelaksanaan Siang Tahunan IMF-WB di Bali, karena siapapun yang menjadi Gubernur Bali nanti dia akan menjadi host dalam penyelenggaraan kegiatan berskala internasional itu," katanya.

Terkait kerawanan Pilkada Bali sendiri, pihaknya menilai secara umum masih cederung kondusif mulai dari tahapan pilkada hingga saat kampanye saat ini dan kepolisian sudah memetakan sejumlah daerah yang menjadi titik kerawanan ini. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018