Denpasar (Antaranews Bali) - Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama menegaskan bahwa terkait pengganti antarwaktu anggota dewan segera dilakukan jika pihak KPU sudah mengumumkan pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Kami segera akan melakukan pelantikan pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPRD Bali yang kini maju menjadi calon bupati dan wakil bupati di Pulau Dewata," kata Adi Wiryatama di konfirmasi dari Denpasar, Senin.

Ia mengatakan anggota DPRD Bali yang akan ikut bertarung pada pilkada serentak keduanya adalah duduk di Komisi IV.

"Keduanya kebetulan sama-sama duduk di Komisi IV DPRD Bali. Untuk Cokorda Raka Kertiyasa maju menjadi Calon Bupati Gianyar, sedangkan I Ketut Mandia menjadi calon Wakil Bupati Klungkung periode 2018-2023," ujar politikus asal Kabupaten Tabanan itu.

Menurut Adi Wiryatama, pelantikan pengganti antarwaktu DPRD adalah sebagai proses dari kelengkapan birokrasi Dewan, sehingga tidak ada kekosongan jabatan. Karena sebagai anggota Dewan adalah sebagai penyerap aspirasi dan menjembatani kepentingan rakyat.

"Oleh karena itu, sebagai wakil rakyat harus siap menyerap aspirasi warga masyarakat. Oleh sebab itu tidak boleh ada kekosongan jabatan di DPRD Bali," ujar politikus PDIP.

Adi Wiryatama lebih lanjut mengatakan pihaknya tinggal menunggu surat keputusan dari KPU dan SK Kemendagri pengganti antarwaktu tersebut. Untuk Cokorda Raka Kertiyasa melihat dari perolehan suara pada pemilu legislatif terdahulu maka penggantinya Cokorda Gede Budi Suryawan, sedangkan I Ketut Mandia digantikan oleh I Wayan Sutena.

"Kedua anggota pengganti antarawaktu tinggal siap pelantikan saja. Kami tinggal menunggu keputusan dari lembaga berwenang saja. Jadi sudah tidak ada masalah terkait pelantikan PAW itu. Tinggal menunggu waktu saja," ujarnya.

Menyinggung anggota DPRD yang diusulkan dari partainya untuk di PAW, kata Adi Wiryatama, semua sudah diperhatikan semua itu. Jadi semua menunggu keputusan dari lembaga yang berwenang menentukan penggantinya, dalam hal ini KPU setempat.

"Kalau bisa semuanya akan dilakukan bersamaan pelaksanaan kegiatan pelantikan anggota PAW dalam sidang paripurna istimewa tersebut," katanya. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018