Mangupura (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, memberikan piagam penghargaan kepada puluhan wajib pajak (WP) di daerah itu karena selalu taat membayar pajak daerah, sehingga dapat menginspirasi seluruh WP lainnya untuk berbuat yang sama.

"Melalui pemberian penghargaan kepada WP terbaik ini saya mengharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi seluruh WP untuk meningkatkan kesadarannya membayar kewajibannya dengan baik," kata Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa dalam siaran pers yang diterima Antara, Kamis.

Ia menegaskan, kepada WP yang tidak melaksanakan kewajibannya, maka Pemkab Badung akan memberikan sanksi" sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga memberikan efek positif WP untuk membayar pajak.

"Kepatuhan dan ketaatan dalam memenuhi kewajiban perpajakan ini, merupakan salah satu bentuk revolusi mental yang dapat memperkuat basis Pendapatan Daerah dalam rangka mewujudkan berbagai Program Pembangunan di Kabupaten Badung," katanya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Badung I Made Sutama mengatakan penghargaan kepada WP terbaik untuk jenis pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, dan pajak parkir diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dan motivasi bagi WP lainnya.

"Selain itu kegiatan ini merupakan ruang untuk meningkatkan komunikasi dan sosialisasi yang baik antara pemerintah dan WP dalam rangka membangun kesadaran pajak masyarakat (Tax Mindetd )," kata Sutama.

Sebelumnya, untuk mempermudahkan para Wajib Pajak (WP) melakukan pembayaran pajak daerah, Pemerintah Kabupaten Badung bersama Bank Mandiri melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama khususnya dalam meningkatkan pelayanan penerimaan pendapatan daerah.

Penandatanganan kerjasama ini merupakan rangkaian dari kegiatan pemberian penghargaan kepada WP terbaik di Kabupaten Badung.

Badung Serahkan Hibah

Disisi lain, Pemerintah Kabupaten Badung menyerahkan hibah barang kepada beberapa Instansi diantaranya Kodam X/Udayana, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, Kodim 1611/Badung, Kepolisian Resort Badung, Kepolisian Sektor Abiansemal, Kantor Pertanahan Badung, LP Kerobokan dan LP Perempuan di Puspem Badung, Kamis.

Penyerahan hibah barang ini ditandai dengan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh masing-masing penerima hibah. Hibah diserahkan Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi Kabag Perlengkapan dan Perawatan Setda Badung I Wayan Puja.

"Penyerahan hibah barang ini guna menunjang peningkatan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," katanya.

Penyerahan hibah ini, sebagai komitmen Pemkab Badung untuk mendukung instansi terkait dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Secara administrasi proses hibah barang didasarkan pada permohonan dari masing-masing pemohon dan sesuai kebijakan Bupati Badung telah dianggarkan pada APBD (Perubahan) Kabupaten Badung Tahun 2017.

Dengan demikian pengadaan barang yang dihibahkan seluruhnya dibiayai dari APBD Badung. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017