Denpasar (Antara Bali) - Komando Resort Militer (Korem) 163/Wirasatya sudah siaga menghadapi terjadinya erupsi Gunung Agung yang kini sudah memasuki status level IV (Awas).

"Jajaran Korem hingga ke tingkat bawah Bintara Pembina Desa (Babimsa) sudah siaga untuk menjaga dan membantu evaluasi warga masyarakat yang berada di zona kawasan rawan bencana (KRB)," Kepala Penerangan Korem 163/Wirasatya Mayor Infantri I Putu Sukadana, di sela acara "Simakrama Korem 163/Wirasatya bersama media massa" di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan langkah antisipasi tersebut sudah dilakukan oleh Korem, yang dalam hal ini dari personil Komando Distrik Militer (Kodim) di seluruh Bali.

"Kami dalam menghadapi bencana erupsi gunung tertinggi di Bali sudah siap siaga. Mulai dari mempersiapkan personil, perlengkapan evakuasi penduduk dan pendukung lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini personil Kodim yang ada di Kabupaten Karangasem sudah memasang beberapa unit tenda untuk warga pengungsi Gunung Agung.

"Selain itu personil kami sudah melakukan pengamanan dan dukungan komunikasi di posko-posko yang ada di Kabupaten Karangasem," ucapnya.

Sukadana mengatakan pihak Kodim saat ini sudah menerjunkan 800 personil di posko-posko, termasuk di daerah wisata yang dianggap rawan bencana.

"Pengawasan dan antisipasi sudah kami lakukan sejak status Gunung Agung dari siaga menjadi Awas. Intinya kami dari Korem hingga personil Komando Rayon Militer (Koramil), yang membawahi (Babinsa) sudah siaga dalam mengevakuasi warga masyarakat yang terdampak Gunung Agung," katanya. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017