Singaraja, (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, meraih penghargaan sebagai kabupaten layak anak kategori pratama oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPAP RI) Yohana Susana Yembise.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DPPKBPPPA) Buleleng dr Ni Made Sukarmini, Minggu, mengatakan, sebanyak 126 kabupaten atau kota dari 519 kabupaten atau kota di Indonesia menerima penghargaan kabupaten layak anak (KLA). Penghagaan dibagi menjadi tiga yakni Pratama, Madya, Nindya dan Utama.

Ia mengatakan, KLA sudah di deklarasikan sejah 2014 dengan diikuti keterlibatan dunia usaha untuk KLA dengan membangun sarana air minum di tempat umum yang layak.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) pada 2015 dan kemudian memasuki 2016 Pemkab buleleng terus melaksanakan pelatihan pemasukan data tentang evaluasi KLA berbasis antar jaringan.

Sukarmini menambahkan, penghargaan tersebut merupakan salah satu wujud bahwa Kabupaten Buleleng berkomitmen dan serius dalam mengakomodir kepentingan terbaik anak.

Penghargaan tersebut bisa diraih berkat sinergitas dari seluruh komponen masyarakat yang ada di kabupaten Buleleng.

"Ini semua berkat dukungan semua elemen masyarakat dalam menjamin terpenuhinya hak-hak anak,"tuturnya.

Predikat kabupaten layak anak tingkat pratama tidaklah mudah. Kabupaten Buleleng harus memperoleh nilai 501-600 dan dapat memenuhi 17 komponen penilaian. (hms)      

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017