Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, segera membenahi sistem administrasi pajak di daerah itu melalui kerja sama dengan PT Cartenz Technology Indonesia (Cartenz) agar pendapatan asli daerah (PAD) setempat meningkat.

"Dengan upaya ini diharapkan terjadi perbaikan kebijakan dan modernisasi administrasi pajak daerah," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, di Mangupura, Bali, Sabtu.

Ia mengatakan salah satu komponen penting yang perlu mendapat prioritas dalam modernisasi administrasi pajak daerah adalah pengkinian data potensi pajak.

Untuk itu, pihaknya mendorong Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Badung dalam kerja sama dengan PT Cartenz Technology Indonesia (Cartenz) dapat menjalankan fungsi perpajakan secara lebih sistematis dan akurat.

"Saya mengharapkan proyek ini juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Bapenda Badung terhadap wajib pajak dan pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Badung I Made Sutama mengatakan, kerja sama yang disepakati dalam penandatangan nota kesepahaman di Jakarta pada Kamis (22/6) diharapkan dapat mentransformasi Bapenda Badung menjadi badan administrasi pajak daerah yang modern, efisien dan kredibel.

"Melalui kerja sama ini terjadi peningkatan kualitas layanan agar dapat memaksimalkan kepatuhan sukarela di antara para pembayar pajak," ujarnya.

Program Trampil yang diimplementasikan oleh Cartenz bertujuan untuk mendukung pemerintah pusat dalam memperbaiki kerangka peraturan mobilisasi pendapatan daerah serta membangun kapasitas dalam menerapkan sistem dan kerangka kerja yang baru.

"Program Trampil akan berperan penting dalam melakukan supervisi terhadap transformasi kelembagaan dan sistem administrasi pajak daerah," ujarnya.

Ia menjelaskan PT Cartenz Technology Indonesia merupakan perusahaan teknologi informasi dan komunikasi yang bertujuan untuk memberikan akuntabilitas dan transparansi melalui solusi teknologi yang inovatif, pemanfaatan sistem informasi yang terpadu, serta pengelolaan proses bisnis yang terpercaya.

Sejak Januari 2017, Cartenz telah ditunjuk oleh ADB untuk memberikan dukungan teknis terkait administrasi perpajakan, penguatan organisasi dan sumber daya manusia, dan perbaikan proses bisnis dan pengembangan teknologi informasi kepada empat administrasi pajak daerah yang terpilih, termasuk Bapenda Badung. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017