Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, Selasa.

Dalam sidak itu, Bupati memberikan motivasi kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga melakukan monitor kondisi kantor OPD serta kinerja para ASN pasca-pengisian jabatan beberapa waktu lalu.

Kantor yang dikunjungi Bupati Suwirta di antaranya adalah Kantor Inspektorat, Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, serta Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

Dalam kunjungan ke Inspektorat, Bupati Suwirta mendapat laporan dari Kepala Inspektorat Made Seger bahwa pihaknya harus menambah hari kerja staf pada Sabtu dan Minggu untuk mengatasi keterbatasan personel.

Terkait dengan tidak meratanya tenaga kontrak, Bupati Suwirta mengaku akan melakukan pemetaan ulang agar tidak terjadi penumpukan tenaga di suatu bidang, namun terjadi kekurangan tenaga pada bidang yang lain.

Saat mengunjungi Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Bupati Suwirta mendapati kerusakan sejumlah fasilitas dan peralatan kantor. Sejumlah bagian atap kantor terlihat bocor. Instalasi jaringan kabel listrik dan telepon juga nampak berantakan.

"Saya minta seluruh staf peduli dengan lingkungan kerja masing-masing. Banyaknya tumpukan kertas dan jaringan kabel listrik yang tidak rapi sangat riskan memicu kebakaran," ujar Bupati Suwirta menanggapi kondisi sejumlah kantor yang kurang terawat.

Selain itu, Bupati Suwirta juga mengeluhkan data Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan yang belum memperbaharui situs internet miliknya.

Saat mengunjungi Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Bupati Suwirta tidak menemukan keberadaan kepala dinas.

Sekretaris Dewa Gede Mundung mengaku tidak mengetahui pasti keberadaan atasannya ketika ditanya Bupati Suwirta.

Atas berbagai temuan ini, Bupati Suwirta mendorong seluruh atasan OPD dan Bidang untuk senantiasa melakukan pembinaan dan motivasi bawahannya.

"Setiap bidang juga harus memiliki gambaran dan target kerja yang pasti. Kami juga akan pasang CCTV di seluruh OPD sehingga saya bisa mengetahui dan mengawasi seluruh aktivitas dan kinerja para ASN di tiap kantor," ujar Bupati Suwirta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017