Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, siap mengusulkan program studi (Prodi) Bahasa Mandarin sebagai upaya memperluas kesempatan mahasiswa memilih jurusan di kampus pendidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut.

"Kami telah menjalin kerja sama dengan Guangxi Normal University asal Negara China," kata Rektor Undiksha Dr I Nyoman Jampel MPd di Singaraja, Senin.

Ia mengatakan Undiksha terus berupaya menggenjot peningkatan kualitas sumber daya manusianya melalui program kerja sama tersebut.

Ia menambahkan sebagai perguruan tinggi yang usianya tergolong muda, universitas negeri di Bali utara itu sangat berkomitmen dalam meningkatkan kualitas terutama pada sumber daya manusia.

"Kami terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia, baik staff dosen maupun mahasiswa," tegasnya.

Guna mewujudkan itu, langkah yang ditempuh tak hanya melalui kegiatan rutin yang digelar secara internal, seperti seminar maupun lainnya tetapi juga menggelar kerja sama dengan pihak-pihak lain.

Universitas yang memiliki tujuh fakultas itu telah menjalin kerja sama dengan Guangxi Normal University.

"Penandatanganan MoU sudah kami lakukan. Kerja samanya di bidang akademik dan budaya di antara kedua universitas," ujarnya.

Selanjutnya, kerja sama dengan Guangxi Normal University itu akan menjadi langkah awal dalam pengusulan Program Studi Bahasa Mandarin di Universitas Pendidikan Ganesha.

Sementara delegasi Guangxi Normal University menyampaikan kerja sama ini kedepannya akan mampu mewujudkan kolaborasi bidang pendidikan dan kebudayaan.

Mereka juga sangat antusias dalam membantu pembentukan Program Studi Bahasa Mandarin di Undiksha, yang nantinya dapat diharapkan akan semakin memperluas kolaborasi dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik dalam hal penelitian, pembelajaran dan peningkatan kualitas pelayanan akademik. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017