Amlapura (Antara Bali) - Sebanyak 120 pelajar sekolah menengah pertama (SMP) se-Provinsi Bali mengikuti Kompetisi Sains Terpadu IV Tingkat Provinsi Bali bertema "Tumbuh Kembangkan Semangat Kompetisi Akademis dan Literasi Sains Siswa" di Amlapura, Karangasem.

Siaran Pers Humas Pemkab Karangasem yang diterima Antara di Amlapura, Senin, menyebutkan kegiatan itu dibuka Bupati Karangasenm I Gusti Ayu Mas Sumatri di Aula Gedung UKM Center Amlapura, Sabtu (3/6) lalu.

Kompetisi Sains Terpadu itu dilaksanakan Pemkab Karangasem melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA setempat untuk meningkatkan kualitas mutu Pendidikan Nasional, khususnya di Kabupaten Karangasem.

Dalam kesempatan itu, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri menerima Piala Bergilir Kompetisi Sains Terpadu (KST) Tahun 2016 yang dimenangkan oleh SMPN 1 Gianyar untuk diserahkan kepada ketua panitia I Gede Sarya, S.Pd guna diperebutkan dalam kegiatan serupa tahun 2017.

Dewa Gede Arda melaporkan, Kompetisi Sains Terpadu IPA merupakan salah satu program kerja MGMP IPA SMP Kabupaten Karangasem dalam upaya mendukung mutu Pendidikan Nasional.

"Kompetisi Sains Terpadu (KST) kali ini merupakan yang keempat kalinya setelah kebangkitan kami pada akhir 2013. Kegiatan tersebut kami tandai sebagai KST yang paling berkesan di antaranya karena tantangannya sangat banyak dan beragam, terutama jadwal kegiatan yang kami rencanakan sangat banyak," ujar Dewa Gede Arda.

Kegiatan tersebut diharapkan mampu membangkitkan minat peserta didik untuk mencintai dan memupuk kegemaran terhadap mata pelajaran IPA terpadu, mengidentifikasi peserta didik berprestasi dalam bidang IPA, menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, sistematis, kreatif dan inovatif sebagai bekal hidup.

Hal penting lainnya untuk menanamkan sifat kompetitif yang sehat sejak dini dan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang IPA.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri memberikan apresiasi dan dukungan yang positif atas terselenggaranya Kompetisi Sains Terpadu tersebut.

Ia mengharapkan para siswa memperoleh pengalaman dalam membentuk kemampuan berbagai konsep dan prinsip sains yang dapat bermanfaat untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Karangasem menaruh harapan besar kepada semua SDM yang ada agar mampu menjadikan Karangasem sebagai barometer di Provinsi Bali, bahkan Nasional untuk segala bidang, terutama dalam kompetisi sains.

"Kami juga mengharapkan untuk mampu menciptakan dan meningkatkan kualitas pendidikan yang berkarakter yang mampu membangun Bangsa," ujar Bupati Mas Sumatri. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017