Bandung (Antara Bali) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan, Indonesia dapat menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045, dengan berbagai usaha peningkatan produksi pertanian.

"Ke depan Indonesia solusi masalah pertanian adalah naikkan indeks pertanaman dan produktivitas dengan teknologi," ujar Amran saat menyampaikan kuliah umum di Graha Sanusi Universitas Padjajaran (Unpad), Senin.

Amran menuturkan, potensi Indonesia untuk meningkatkan produksi pertanian sangat besar. Bahkan tak hanya dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri saja, namun bisa menjadi negara pengekspor terbesar di dunia.

"2018 sampai 2021 kami menargetkan swasembada pangan dengan peningkatan produksi di atas lima persen. 100 persen kebutuhan pangan juga dipenuhi dari dalam negeri sehingga tidak ada lagi impor pangan," ujarnya.

Ia melanjutkan, Kementan pun menerapkan standar kebijakan yang ketat bagi daerah untuk mencapai target tersebut. Apabila suatu daerah tidak bisa memenuhi target produksi yang ditetapkan, maka ia mengancam akan menghentikan sementara anggarannya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017