Denpasar (Antara Bali) - Ratusan siswa dan siswa SMA Khadijah Surabaya menampilkan kreasi seni dalam bentuk drama musikal bertajuk "Laskar Bali" saat mengisi liburan UNBK (ujian nasional berbasis komputer) dengan melakukan wisata budaya ke Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, Rabu.

"Karena anak-anak kelas 12 mengikuti UNBK, maka anak-anak kelas 10-11 diarahkan untuk mengisi liburan dengan berwisata yang ada kaitannya dengan pelajaran seni budaya," kata guru SMA Khadijah Surabaya Luluk Zakiyah.

Ia menjelaskan siswa dan siswi dari SMA Khadijah dengan Ketua Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial "Khadijah" Surabaya adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa itu juga mendapat tugas membuat vlog terkait wisata seni budaya ke Bali.

"Tugas membuat vlog itu penting agar wisata seni dan budaya selama empat hari (11-14 April 2017) itu memiliki pengaruh dalam diri anak-anak," kata guru konseling itu.

Selama empat hari di Bali, ratusan siswa bersama sejumlah gurunya itu berwisata ke tempat ibadah Puja Mandala (Nusa Dua), Pantai Pandawa (Pantai Pasir Putih di Kuta), Desa Budaya Kertalangu (Kota Denpasar), Cening Ayu (tempat belanja di Gianyar), dan Krisna (pusat oleh-oleh di Badung).

Selain itu mereka juga ke makam Siti Khotijah (Putri Raja Pemecutan, Denpasar, Bali, yang memeluk Islam), dan Joger (pusat oleh-oleh kaos kata-kata di Badung). Di Desa Budaya Kertalangu itu, para siswa menampilkan kreasi seni bertajuk "Laskar Bali".

"Kreasi seni tari dan fragmen itu diilhami cerita Laskar Pelangi yang kami adopsi menjadi Laskar Bali. Intinya, kreasi seni itu menceritakan perjuangan anak kurang mampu di Bali untuk tetap bisa bersekolah," kata siswa SMA Khadijah, Surabaya, Nusaybah Afaf Ashilah.

Siswi kelas XI SMA itu menjelaskan dirinya bersama rekan-rekannya mempersiapkan kreasi seni dan tari itu melalui latihan selama satu bulan menjelang berwisata ke Bali. "Untuk menampilkan Laskar Bali itu, kami berlatih selama satu bulan sebelum ke Bali," katanya.

Pada 2016, film pendek karya anak-anak siswa SMA Khadijah Surabaya meraih juara 2 Festival Film Pendek Indonesia 2016. (WDY)

Video oleh : Pande yudha

Pewarta: Pewarta: Edy M Yakub

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017