Kuta (Antara Bali) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali melakukan tes urine kepada puluhan awak maskapai penerbangan secara acak di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai untuk memininalkan peredaran gelap narkoba.

"Operasi ini untuk mencegah masuknya narkoba, khususnya untuk awak maskapai penerbangan," kata Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Ajun Komisaris Besar Ketut Arta di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Tim gabungan yang terdiri dari BNNP Bali dan instansi terkait lainnya mengincar para awak pesawat yang hendak terbang di Terminal Penumpang Internasional.

Dari 30 awak pesawat mulai dari pilot dan pramugari dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Indonesia AirAsia yang dites urinenya, tim tidak menemukan awak pesawat yang positif mengonsumsi barang haram itu.

Selain mengetes urine awak pesawat, BNNP Bali juga menyasar Terminal Kargo Internasional dan Domestik dengan menggandeng Bea Cukai.

Dengan pemeriksaan manual dan mengerahkan anjing pelacak, tim tidak menemukan indikasi barang narkoba dan terlarang lainnya di dua terminal kargo itu.

BNNP Bali menargetkan akan secara bertahap melakukan uji urine kepada awak pesawat dan kalangan lainnya untuk meminimalkan peredaran narkoba di Pulau Dewata. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016