Denpasar (Antara Bali) - Puluhan sekaa (kelompok) kesenian akan dilibatkan pada kegiatan parade budaya sebagai awal ajang "Nusa Dua Fiesta (NDF)" Ke-20 tahun 2016 yang diselenggarakan di Pulau Peninsula, 16-20 Nopember mendatang.

"Parade budaya tersebut akan mengawali pembukaan NDF yang dimulai dari pelataran kawasan wisata Nusa Dua menuju Pulau Peninsula," kata Ketua Umum Panitia NDF Anak Agung Ngurah Wirawan di Nusa Dua, bali, Kamis.

Ia mengatakan hajatan seni budaya dan modern tersebut menjadi sebuah ikon di kawasan tersebut untuk memberi ruang bagi para seniman maupun usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menggelar pameran.

"Animo masyarakat lokal dan asing untuk berkunjung ke kegiatan tahunan tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun, karena itu agar kesan tidak monoton, maka berbagai strategi untuk menggali kesenian maupun menyajikan kerajinan yang akan dipamerkan selama NDF," ujarnya.

Ngurah Wirawan yang juga Direktur Operasional ITDC mengatakan tahun ini pihaknya berupa membuat terobosan yang lebih elegan dan spektakuler. Karena itu anggaran pun ditingkatkan dari Rp2,5 miliar menjadi Rp4,5 miliar.

"Langkah tersebut dilakukan guna lebih memantapkan kegiatan yang diselenggarakan selama lima hari itu. Mulai dari seni budaya, pameran, olahraga dan lainnya," ucapnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dikelola oleh "event organization (EO) Transevent. Namun juga melibatkan vendor-vendor lokal, dengan harapan tidak menghilangkan ciri khas dari kegiatan itu.

Abby Krisnamurti dari Transevent mengatakan pihaknya bekerja secara profesional dalam mengelola kegiatan NDF. Begitu juga yang menjadi dasar awal diselenggarakan NDF tersebut tetap dipertahankan, namun ada juga sentuhan baru yang lebih spektakuler.

"Kami berupaya mempertahankan akar sejak NDF digelar, namun disisi lain kami berupaya menggali yang lebih elegan tahun ini, dengan harapan mampu menjadi magnet bagi pengunjung NDF," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan yang sepenuhnya diserahkan oleh ITDC dalam mengelola NDF kali ini menjadi tantangan agar mampu lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Karena itu kami mengharapkan semua pemangku kepentingan turut serta menyukseskan acara tersebut," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016