Mangupura (Antara Bali) - Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, Bali, Kompyang R. Swandika menerima kunjungan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sragen, Jawa Tengah untuk menjalin silaturahmi dengan pemerintah daerah setempat.

"Kunjungan ini merupakan sebagai upaya meningkatkan silahturahmi dan kerukunan antara FKUB Badung dengan FKUB Sragen serta saling tukar menukar informasi dan pengalaman," kata Sekda Badung Kompyang R. Swandika di Mangupura, Selasa.

Ia menjelaskan, FKUB Badung mengutamakan tri kerukunan antar umat beragama yang terdiri dari kerukunan intern umat bergama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah yang hingga saat ini masih terjaga dengan baik.

Hal itu menjadi komitmen FKUB Badung dengan mengedepankan konsep Tri Hita Karana dan rasa "menyama braya" atau persaudaraan.

Kompyang menjelaskan, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala (Puspem Badung) selain sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat, dimana tempat itu sering dimanfaatkan sebagai pusat silahturahmi umat beragama.

"Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan kegiataan keagamaan di Puspem Badung seperti kegiatan rutin sholat Idul Adha dan Idul Fitri, kegiatan Natalan dan perayaan Imlek di Puspem Badung. Untuk umat Hindu, secara rutin setiap purnama melakukan persembahyangan di Pura Lingga Bhuwana," katanya.

Selain itu, Puspem Badung juga dijadikan pusat pemberdayaan seni dan budaya dengan pelaksanaan festival seni budaya setiap tahunnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sragen Dedy Endryatno mengatakan, dipilihnya Badung sebagai objek kunjungan, karena kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Badung sangat baik dan kondisi kemanan Badung juga sangat kondusif.

"Untuk itu tidak salah kiranya kami FKUB Sragen ingin menimba ilmu dan saling menukar pengalaman sehingga mampu meningkatkan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sragen," ujar Dedy yang juga ketua rombongan FKUB di daerah itu.

Selain itu, para peserta juga ingin mengetahui program atau kegiatan dari FKUB Badung dan Pemkab Badung dalam upaya meningkatkan kerukunan umat beragama.

Dalam acara itu, Wakil Bupati Sragen Dedy Endryatno didampingi Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto, Ketua FKUB Sragen H. Mouhtimgudin dan Kapolres Sragen Cahyo Widiarso. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016