Nusa Dua (Antara Bali) - Indonesia memiliki kurang lebih 30.000 orang anggota audit internal dimasing-masing instansi pemerintahan negeri dan swasta yang tersebar diseluruh Tanah Air.

"Namun, dari total 30.000 anggota IIA Indonesia yang terdaftar, kami mencatat yang sudah tersertifikasi baru 1.164 orang," ujar Angela Simatupang selaku Gubernur Institute Internal Auditors (IIA) Indonesia, di Nusa Dua, Selasa.

Dari jumlah anggota audit internal yang sudah tersertifikasi tersebut, lanjut dia, hanya 30 persen yang bertugas sebagai audit internal di pemerintahan, kemudian 70 persennya bertugas di perusahaan milik swasta.

Angela mengharapkan dari 30.000 orang audit internal ini menjadi member tetap IIA, sehingga untuk kedepanya akan terus diberikan edukasi terkait kinerja apa saja yang harus dilakukan sesuai standar.

Pihaknya meyakini, setelah para audit internal ini mengikuti tahapan itu, baru akan mengetahui ekspektasi yang akan dia miliki yang diyakini mampu membawa organisasi ke arah lebih baik.

"IIA sudah diakui dunia sebagai audit internal dan memiliki prestise yang tinggi dalam dunia kerja," katanya.

Ia mencontohkan, apabila seseorang memiliki sertifikasi dibidangnya, maka memiliki kesempatan tinggi untuk promosi karirnya.

Hal itu dikarenakan, orang yang memiliki sertifikasi umumnya memiliki kinerja yang baik dan profesional yang sangat berpengaruh dengan penghasilan pekerjaannya.

Pihaknya menambahkan, secara global jumlah anggota audit internal secara global mencapai 180.000 orang anggota dari 100 negara. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016