Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat siap menggelar Buleleng Endek Karnaval (BEC) 2016 di Kota Singaraja, 5 Agustus 2016.

"BEC tahun ini juga akan melibatkan peserta dari masing-masing kecamatan selain pawai dari komunitas-komunitas yang ada di Buleleng," kata Ketua Panitia BEC 2016, Gede Dharmaja di Kota Singaraja, Bali, Kamis.

Ia mengatakan, BEC adalah sebuah acara karnaval yang setiap tahun digelar di Kota Singaraja, dimana sudah dimulai sejak 2014 lalu melibatkan berbagai unsur mulai dari seniman, budayawan dan pengrajin.

BEC 2016 akan melibatkan sebanyak 34 peserta dan diperkirakan akan disaksisan ribuan orang, mulai dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan warga Singaraja.

"Karnaval menjadi populer dan menjadi salah satu daya tarik wisata di Bali Utara. Para peserta membuat busana berbahan dasar endek yang merupakan salah satu kain asli Buleleng," kata dia.

Dharmaja yang juga Kepala Bappeda Buleleng itu menambahkan, salah satu tujuan besar yang ingin dicapai pada pelaksanaan BEC adalah menjadikan Buleleng sebagi "Endek Center" atau pusat kain endek secara nasional dan internasional.

Selain itu juga, BEC memberikan pelatihan dan pembekalan kepada peserta dan generasi muda mengenai tata rancang busana karnaval yang berkualitas, diharapkan pula secara berkesinambungan mengkampanyekan kepada anak muda untuk mencintai produk lokal.

"Kami juga berharap BEC dapat menjadi pusat belajar tata busana yang elegan memadukan unsur tradisional dan modern, sangat indah dipandang mata," paparnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016