Gianyar (Antara Bali) - Universitas Pertahanan (Unhan) memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat dan pegawai negeri (PNS,TNI/Polri) di Kabupaten Gianyar lulusan S-1 untuk mengikuti program beasiswa Magister Ilmu Pertahanan dengan gelar Magister Sain Bidang Pertahanan/M.Si (Han).

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Letjen TNI I Wayan Midhio, M.Phil mengatakan hal itu ketika mengadakan pertemuan untuk merintis kerja sama dengan Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra dan Sekdakab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra di Ruang Pertemuan Bupati, Jumat.

Letjen TNI I Wayan Midhio, M.Phil mengatakan, Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbuka yang mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S2.

Unhan memberi kesempatan bagi para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam ilmu pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Kunjungan ke Kabupaten Gianyar menurut Letjen TNI I Wayan Midhio untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah sebagai mitra kerja penyelenggaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Letjen TNI I Wayan Midhio asal Desa Serongga, Gianyar itu menambahkan Unhan memiliki tiga fakultas yakni Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan serta Fakultas Keamanan Nasional.

Fakultas Strategi Pertahanan memiliki delapan program studi (Prodi) yakni Prodi Strategi Perang Semesta, Prodi Strategi dan Kampanye Militer, Prodi Peperangan Asimetris, Prodi Damai Resolusi dan Konflik, Prodi Diplomasi Pertahanan, Prodi Strategi Pertahanan Darat, Prodi Stratregi Pertahana Laut dan Prodi Strategi Pertahan Udara.

Sedang Fakultas Manajemen Pertahanan dengan lima program studi meliputi Prodi Manajemen Pertahanan, Prodi Ekonimi Pertahanan, Prodi Manajemen Bencana Untuk Keamanan NAsional, Prodi Ketahan Energi dan Prodi Keamanan Maritim.

Sementara Fakultas Keamanan Nasional memiliki tiga program studi yakni Prodi Keamanan Maritim, Prodi Ketahanan Energi serta Prodi Damai dan Resolusi Konflik.

"Unhan bertekad mencetak calon-calon Pemimpin Bangsa dari sipil di masa depan yang memiliki kehandalan di bidang pertahanan dan bela negara," ujar Letjen I Wayan Midhio, M.Phil.

Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra sangat mengapresiasi rintisan jalinan kerja sama antara Pemkab Gianyar dengan Unhan tentang peningkatan kualitas SDM pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Melalui kerja sama tersebut dapat dijadikan sarana untuk lebih meningkatkan kemampuan dan profesionalitas pegawai negeri sipil di Kabupaten Gianyar.

"Ini merupakan kesempatan bagus bagi PNS maupun warga masyarakat Gianyar yang berkeinginan meningkatkan pengetahuan di bidang pertahanan dan bela negara," ujar Mahayastra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016