Mangupura (Antara Bali) - Sebanyak 126 orang perwakilan dari segenap jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Badung, megikuti pelatihan penanggulangan bencana kebakaran, agar mampu melakukan pencegahan secara dini jika terjadi kebakaran di tempat kerjanya.

"Kegiatan itu berlasngusn selama dua hari, 8-9 Juni 2016 di Puspem Badung, dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pembekalan penanggulangan dini musibah kebakaran untuk jajaran SKPD," kata Pelaksana Tugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung Drs I Wayan Suata, di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, dipilihnya pusat Pemerintahan Kabupaten Badung sebagai objek pencegahan bencana kebakaran, karena perkantoran yang penuh dengan pernak pernik elektornik, berkas-berkas dari kertas yang mudah terbakar dan jaringan listrik perlu mendapat perhatian karyawan di daerah itu.

Oleh sebab itu, perlu membentuk komunitas dan pelatihan yang peduli bahaya kebakaran untuk dapat memahami akibat dari bencana kebakaran tersebut.

Wayan Suata menambahkan, para peserta diberi pengetahuan cara memadamkan api secara manual dan memelihara serta menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

"Ke depan kami ingin pelatihan ini menjadi bagian yang penting dalam kewaspadaan terhadap bencana terjadinya kebakaran di sekitar kita, karena musibah tidak menganal ruang dan waktu juga tidak dapat ditebak kapan datangnya," ujarnya.

Staf ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemerintah Putu Oka Swadiana yang mewakili Bupati Badung Giri Prasta menyampaikan, bahwa pemerintah mengapresiasi kegiatan pelatihan penanggulangan Bencana di Lingkungan pemerintahan setempat yang diprakarsai Dinas Kebakaran.

"Penanggulangan kebakaran dan bencana lain harus juga melibatkan semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat harus berperan aktif," ujarnya.

Putu Oka Swadiana menambahkan, pelatihan Sistem keselamatan Kebakaran ini sangat penting dalam upaya mempersiapkan pegawai yang terampil mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran.

"Petugas Dinas kebakaran tidak bisa bekerja sendirian, namun peran aktif karyawan Pemkab Badung harus digalakkan," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016