Singaraja (Antara Bali) - Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN)Mpu Kuturan Kabupaten Buleleng, Bali, menyiapkan beasiswa belajar kepada mahasiswa yang memiliki prestasi bidang agama dan budaya.

"Kami mengajak generasi muda yang memiliki prestasi bidang agama Hindu dan budaya seperti tari Bali, kekawin, kidung dan lain-lain untuk bergabung. Silahkan pilih jurusan yang diminati," kata Ketua STAHN Mpu Kuturan Buleleng, Prof Dr Drs I Made Suweta MSi di Kota Singaraja, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya ingin mengajak kalangan muda semakin mencintai agama dan budaya Hindu di Bali. Generasi muda adalah harapan masa depan untuk melestarikan eksistensi adat dan budaya di Pulau Dewata.

Dikatakan pula, STAHN Mpu Kuturan siap mendidik generasi muda Hindu yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur serta siap bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui beberapa keahlian khusus.

"Kami menyediakan empat jurusan dengan 11 pragram studi yang dapat dipilih calon mahasiswa. Jika ada yang ingin bergabung, gratis biaya pendaftaran," katanya.

Prof Suweta memaparkan, beberapa jurusan di STAHN Mpu Kuturan yakni Jurusan Dharma Acarya dengan Program Studi Pendidikan Agama Hindu, Prodi Pendidikan Bahasa Daerah Bali, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PGSD). Jurusan Dharma Duta memiliki tiga program studi yakni Prodi Penyuluhan Agama Hindu, Ilmu Komunikasi dan Pemandu Wisata Budaya.

"Untuk Jurusan Brahma Widya ada Prodi Filsafat Hindu, Prodi Teologi Hindu dan Manggala Upacara (D2). Sementara Jurusan Sastra baru ada Prodi Hukum Hindu," katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, STAHN Mpu Kuturan memiliki visi kedepan yakni menjadi perguruan tinggi yang dapat "mencetak" sumber daya manusia (SDM) unggul serta dapat melahirkan akademisi dan ilmuwan yang agamawan, cerdas dan terampil.

"Bukan hanya itu saja, yang terpenting adalah menjadikan insan-insan STAHN yang berkarakter `Tri Kaya Parisudha`, falsafah agama Hindu yang adiluhung dan universal. Berfikir yang baik, berkata yang baik dan berbuat yang baik," paparnya.

"Selain itu, programnya kedepan adalah menjadikan STAHN sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tertib pelaksanaan Tri Dharma Perguruang Tinggi, dengan tetap mendisiplinkan civitas akademika serta tertib administrasi. "Itu yang penting menuju kampus Hindu yang berdaya saing," demikian Suweta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016