Buleleng (Antara Bali) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi semangat belajar kalangan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Bali Mandara yang sebagian besar siswanya berasal dari keluarga miskin di Pulau Dewata.

"Saat ini yang menjadi tolak ukur kemajuan bangsa adalah semangat generasia muda. Kemajuan bangsa itu bukan hanya bergantung dari kekayaan alam saja tetapi semangat dari anak-anak generasi muda dalam mengahadapi tantangan," katanya di SMAN Bali Mandara di Kabupaten Buleleng, Sabtu.

Ia menjelaskan, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa melimpah, tetapi jika tidak dimanfaatkan dengan baik oleh bangsa sendiri, bisa saja hanya bermanfaat bagi bangsa-bangsa lain.

Wapres menuturkan, pihaknya sangat bangga kepada anak-anak didik SMAN Bali Mandara karena memiliki semangat tinggi untuk mampu merubah kehidupan sosialnya menjadi lebih baik.

Dikatakan pula, untuk menjadi pemimpin masa depan, selalu berawal dari bawah karena diyakini akan tumbuh rasa semangat tinggi melalui proses panjang untuk meraih cita-cita.

"Saya bangga memiliki generasi muda punya semangat untuk maju kedepan. Nantinya pendidikan semakin berat, ilmu apa saja bisa masuk, terutama soal ilmu teknologi (IT)," katanya.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika menjelaskan, SMAN Bali Mandara merupakan sekolah satu-satunya di Bali bahkan di Indonesia yang syarat utama untuk bisa masuk harus warga miskin.

Pastika memaparkan, dengan sistem pendidikan yang disiplin diharapkan mampu mencetak manusia berkarakter untuk menjadi agen perubahan di masa mendatang.

"Saya melihat mereka (siswa) sekarang menikmati sekolah dengan baik dan mudah-mudahan dapat menjadi manusia berkarakter karena saya selalu tekankan kepada mereka bahwa setiap butir nasi, baju, buku, dan tempat tidur, itu milik rakyat Bali yang harus dipertanggungjawabkan," tegas Pastika.

Kepala Sekolah SMAN Bali Mandara, Nyoman Darta mengungkapkan, sekolah yang berdiri sejak tahun 2011 tersebut sudah mampu mencetak anak didik berprestasi di bidang akademik maupun non akademik hingga ke tingkat Internasional.

Dijelaskan Darta, SMAN Bali Mandara kedepan diharapkan mampu melahirkan seorang pemimpin bangsa yang berkarakter. "Semua siswa kami di sini adalah warga miskin. Anak didik kami ini siap menjadi pemimpin bangsa kedepannya," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016