Singaraja, (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, membuka pendaftaran "online" penerimaan mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di empat kabupaten di Pulau Dewata.
    
Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd di Kota Singaraja, Bali, Selasa, menjelaskan, keempat lokasi  di luar pendaftaran di kampus Undiksha Singaraja itu yakni di SMAN 1 Selat di Kabupaten Karangasem, Kampus Undiksha di Pegok Kota Denpasar, SMAN 1 Gianyar di Kabupaten Gianyar dan SMAN 1 Negara di Kabupaten Jembrana.
    
Dia mengemukakan, tujuan pembukaan loket pemdaftaran itu untuk memudahkan akses kalangan siswa SMA/SMK yang ingin mendaftar melalui jalur online, dimana selama ini banyak calon mahasiswa mengeluh terlambat mendaftar jalur SBMPTN.
    
Ia menjelaskan, posko pendaftaran online berlangsung selama lima hari yakni 15-20 Mei 2016. "Kami sengaja memiliki waktu akhir pendaftaran SBMPTN dari jadwal pendaftaran SBMPTN  yakni 25 April-20 Mei 2016," kata dia.
    
Lebih lanjut, ia memaparkan, SBMPTN pola seleksi yang menggunakan ujian tulis dan komputer (CBT). Daya tampung jalur SBMPTN minimal 30 persen dari total daya tampung di perguruan tinggi negeri dimana diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK sejenis yang berasal dari seluruh Indonesia.
    
Undiksha sendiri kata Jampel, siap menampung mahasiswa lewat jalur SBMPTN sebanyak 979 orang mahasiswa atau sebesar 30 persen dari total daya tampung kampus pendidikan terbesar di Bali itu mencapai sekitar 3.265 orang mahasiswa pada tahun ajaran 2016/2017.
    
Sementara itu, pada jalur penerimaan mahasiswa baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang sudah memasuki tahap akhir tercatat sebanyak 2.500 mahasiswa yang telah mendapaftar dan akan mengikuti seleksi pada 7 dan 9 Mei 2016 mendatang. "Jalur SNMPTN akan diumumkan hasilnya pada 10 Mei 2016." imbuhnya.
    
Jampel lebih lanjut mengklaim, Undiksha tahun ini menyediakan berbagai jenis beasiswa untuk kalangan mahasiswa berprestasi dan miskin untuk kalangan mahasiswa baru.
    
"Ada beasiswa bidik misi, beasiswa dari instansi perbankan, beasiswa rektor, dan berbagai jenis beasiswa lainnya. Kami terutama akan memberikan beasiswa bagi program studi langka peminat," katanya. (IMB)
     

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016