Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, gencar menggalakkan minat baca generasi muda, khusunya ditingkat sekolah dasar (SD) melalui kegiatan lomba-lomba, sehingga ke depannya dapat meningkatkan minat siswa membaca buku.

"Kami menggelar kegiatan lomba pengembangan minat baca tingkat Kabupaten Badung ini di SD Negeri I Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal," kata Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Badung Drs AAN Agung Sastrawan dalam siaran persnya di Mangupura, Senin.

Tujuan dari lomba ini untuk meningkatkan minat baca para siswa dan menumbuh kembangkan rasa cinta untuk membaca buku di kalangan para pelajar yang nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Ia mengatakan, upaya ini sebagai langkah strategis dalam menggugah generasi muda meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang diamanatkan dalam Undang-undang.

Oleh sebab itu, Pemkab Badung sangat serius memperhatikan dan mengembangkan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ia menambahkan, Perpustakaan Daerah Kabupaten Badung dalam pemerataan pelayanan telah melaksanakan perpustakaan keliling dan silang layanan bahan pustaka sebagai motivasi bagi penyelenggara pendidikan.

Kemudian, komite sekolah untuk meningkatkan dan mengembangkan perpustakaan sekolah, sehingga mampu menciptakan gemar membaca dan menumbuhkan budaya membaca bagi siswa.

"Saya berharap semua pihak bersama-sama mendorong minat baca para siswa dapat ditingkatkan melalui revitalisasi perpustakaan sekolah," katanya.

Kepala SDN I Blahkiuh Gusti Ayu Ketut Adhi Wirati mengatakan, kegiatan lomba ini diikuti sekolah dasar yang ada di daerah itu dengan peserta sebanyak 28 orang.

"Untuk lomba membaca cepat diikuti siswa kelas II dan III berjumlah sembilan orang, lomba bercerita dengan bahasa Bali diikuti siswa kelas IV dan V berjumlah 10 orang," ujarnya.

Kemudian, ada lomba menceritakan isi buku diikuti siswa kelas VI berjumlah sembilan orang. "Para peserta yang menjadi juara akan diberikan penghargaan berupa piagam dan uang," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016