Amlapura (Antara Bali)-Penjabat Bupati Karangasem Ida Bagus Ngurah Arda mengumumkan di hadapan seluruh kepala SKPD mengenai hasil penilaian Ombudsman RI (ORI) tahun 2015 di Ballroom UKM Center Amlapura.

"Hasil penilaian yang diumumkan yakni hasil survei tingkat kepatuhan terhadap 26 SKPD dan BUMD, serta produk layanan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem," kata Penjabat Bupati Karangasem Ida Bagus Ngurah Arda di Amlapura, Selasa.

Berdasarkan hasil penilaian ORI tahun 2015, tingkat kepatuhan pelayanan publik terhadap 26 SKPD yang disurvei, terdapat 10 SKPD berada di zona Hijau. Masing-masing adalah Disdukcapil, Diskominfo, Disdikpora, Bappeda, Dispenda, RSUD, Disperindag, KPAD, BKD, dan Dinas PU).

Sementara itu, 10 SKPD yang berada pada zona kuning adalah Satpol PP, KP2T, Dinas Sosial BPPKB, Disnakertrans, DKP, Disbudpar, Dishub PK, BLH dan BPBD.

"Dan masih ada enam SKPD di zona merah, yakni Dishutbun, Diskes, Inspektorat Daerah, DPKP, Diskop UKM dan PDAM Karangasem," ujarnya.

Sementara untuk produk layanan dari 11 SKPD yang disurvei, Penjabat Bupati memberi apresiasi kepada dua SKPD yang berada pada zona hijau dengan nilai rata-rata hampir sempurna (98,0) yaitu KP2T dan Disdukcapil, walaupun secara keseluruhan SKPD berada di zona kuning.

Penjabat Bupati Arda mengharapkan agar semua SKPD berbenah dan menyikapi dengan cermat terhadap hasil survei oleh Ombudsman, terutama SKPD yang masih berada di zona merah dan kuning, sedangkan yang berada di zona hijau agar dipertahankan untuk menuju zona sempurna.

"Segera lakukan perubahan terhadap komponen indikator yang masih kurang," ucap Arda.

Lebih lanjut Arda mengharapkan agar para kepala SKPD lebih sering mengakses website kementerian terkait untuk memperoleh regulasi terkait pelayanan publik.

"Hendaknya para kepala SKPD membuka sosial media WhatsApp Pemerintah Kabupaten Karangasem, untuk mendapatkan informasi berita yang dimuat di media massa. Kalau ada berita yang terkait instansinya, agar ditindaklanjuti," ucap dia.

Kegiatan pengumuman disampaikan Penjabat Bupati Karangasem Ida Bagus Ngurah Arda di hadapan seluruh Kepala SKPD di jajaran Pemerintah Kabupaten Karangasem, pada Senin 25 Januari dan bertempat di Ballroom UKM Center Amlapura. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016