Bangli (Antara Bali)- Setelah sukses dengan Penglipuran Village Festival I dan II. Desa Wisata Penglipuran Kabupaten Bangli  kembali menggelar Penglipuran Village Festival  yang ke III tahun 2015 dan Penglipuran Berbunga.  Pembukaan yang dipusatkan  di Balai Banjar Penglipuran Jumat (25/12) yang dibuka secara langsung oleh Asisten l Sekda Kabupaten Bangli Drs. I Wayan Lawe, MM didampingi Bendesa Adat Penglipuran.

Pembukaan Festival ini juga dihadiri oleh Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata se-Provinsi Bali, Ketua Jejaring Kelompok Sadar Wisata dan Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.

Bendesa Adat Penglipuran selaku Ketua Panitia I Wayan Supat dalam laporannya menyampaikan adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Penglipuran Village Festival III tahun 2015 ini : melestarikan seni budaya, meningkatkan kompetensi kepariwisataan, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, meningkatkan kreatifitas pelaku pariwisata, pengembangkan pemasaran produk pendukung pariwisata, peningkatkan kolaborasi/ kerjasama, pelaku pariwisata, masyarakat dan pemerintah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan harapan : meningkatkan manajemen kepariwisataan desa wisata Penglipuran, meningkatkan peran serta dan kreatifitas masyarakat dibidang usaha penunjang kepariwisataan ( kerajinan, kuliner, penginapan, seni budaya, kepedulian terhadap lingkungan dan penguatan adat istiadat) dalam rangka meningkatkan partisipasi dan kesejahteraan masyarakat dan secara tidak langsung akan memberikan manfaat dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Pemerintah Kabupaten Bangli.

Berbagai jenis kegiatan dilaksanakan pada kegiatan Festival tersebut : lomba mewarnai, lomba melukis, lomba busana adat ke Pura, Lomba tari, lomba karaoke lagu pop daerah, lomba kuliner, lomba penjor, dan pameran produk industri kecil / kerajinan. Pelaksanaan Penglipuran Village Festival III tahun 2015 dan Penglipuran berbunga dilaksanakan selama 8 ( delapan ) hari dari tanggal 25 Desember 2015 sampai dengan 1 Januari 2016.

Dalam sambutan Penjabat Bupati Bangli yang dibacakan oleh Asisten l Sekda Kabupaten Bangli Drs. I Wayan Lawe, MM mengatakan Desa Penglipuran adalah salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Bangli dengan berbagai macam penghargaan yang telah diperoleh baik penghargaan lokal maupun penghargaan Nasional.

Dengan demikian sudah tidak diragukan lagi eksistensi desa wisata Penglipuran dalam mengembangkan kepariwisataan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada wisatawan.

"Dengan ada kegiatan Festival ini diharapkan mampu meningkatkan citra baik pariwisata Bangli disamping juga merupakan ajang mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bangli khususnya destinasi Desa Wisata Penglipuran. Untuk itu kami juga harapkan kepada para stake holder pariwisata Bali dalam hal ini dari Asita, HPI, dan PHRI serta semua pihak yang bergerak dibidang pariwisata untuk ikut membantu kami memajukan pariwisata dengan mendatangkan wisatawan sebanyak – banyaknya ke Kabupaten Bangli, mari kita saling bahu membahu agar pariwisata Bangli bangkit kembali.” (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015