Denpasar (Antara Bali) - Ribuan umat Islam melaksanakan shalat Idul Adha 1431 H di Gedung Olahraga Ngurah Rai Denpasar, Bali, Rabu pagi.

"Shalat berjamaah di GOR terbesar di Pulau Dewata itu, kali ini tercatat untuk yang ketiga kalinya," kata Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Denpasar H Mulyono, usai pelaksanaan shalat Ied.

Ia menyebutkan, sejak 2009 umat Muslim di Bali mulai memanfaatkan GOR Ngurah Rai untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri dan Idul Adha, sedangkan sebelumnya selalu dilakukan di Lapangan Puputan Badung.

"Kami biasanya meminta izin ke pemkot untuk melakukan persembahyangan di Lapangan Puputan Badung, tidak di tempat lain," ujar Ketua PHBI Kota Denpasar H Mulyono.

Dijelaskan, selain di GOR Ngurah Rai, pelaksanaan shalat Idul Adha kali ini juga berlangsung di berbagai tempat lain di wilayah Denpasar.

Lokasi tersebut antara lain di halaman Mapolda Bali, masjid-masjid dan lapangan yang ada di sekitar perumahan yang penghuninya banyak terdapat umat muslim.

Sementara H Roichan Muchlis, khotib pelaksanaan shalat Ied tersebut mengatakan, sebelum pelaksanaan shalat pihaknya mengumumkan jumlah hewan kurban yang berasal dari empat lembaga yang akan disembelih dan dibagikan oleh masing-masing lembaga. Jumlahnya adalah enam ekor sapi dan 34 ekor kambing.

"Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah, sebab masih banyak pihak lainnya yang melakukan kurban dan melaksanakannya di tempat lainnya seperti di masjid dan perumahan-perumahan yang banyak dihuni umat muslim," ujarnya.

Diperkirakan jumlah hewan kurban yang disembelih untuk pelaksanaan Idul Adha tahun 2010 di Denpasar terjadi peningkatan dari tahun 2009, ujarnya.

"Namun untuk memastikan mengenai data hewan kurban tersebut sebaiknya bisa dilihat di Kantor Urusan Agama (KUA) Denpasar, karena kami belum memiliki data pastinya," ujarnya.

Sementara berdasarkan pantauan ANTARA, pelaksanaan shalat Idul Adha yang berlangsung di berbagai tempat tersebut berlangsung dengan khidmat dan aman.

Umat Muslim datang berbondong-bondong menuju tempat pelaksanaan shalat Ied sejak pagi hari sekitar pukul 05.20 Wita, sedangkan pelaksanaannya berlangsung sekitar pukul 06.45 Wita.

Sebagian umat ada yang datang terlambat sehingga mereka pun bergegas sambil sedikit belari menuju lokasi persembahyangan karena pelaksanaan shalat telah berlangsung.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010