Negara (Antara Bali) - Pasangan I Putu Artha - I Made Kembang Hartawan (Abang) yang diusung PDI P memenangkan Pilkada Jembrana, dengan mengalahkan pasangan I Komang Sinatra - I Gusti Agung Ketut Sudanayasa (Sigy) yang diusung gabungan parpol.

Kemenangan pasangan tersebut ditetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara KPU Jembrana, di Hotel Jimbarwana, Negara, yang dihadiri saksi dua pasangan, serta instansi terkait.

Dalam penghitungan tingkat kabupaten, pasangan Abang yang dalam Pilkada mendapatkan nomer urut dua meraih 91.101 suara, sementara Sigy 47.594 suara.

Meskipun sempat diwarnai penyampaian dari saksi Abang, terkait petugas KPPS TPS II Desa Yehkuning yang juga menjadi saksi pasangan Sigy saat penghitungan tingkat kecamatan, secara umum rapat rekapitulasi ini berjalan lancar.

Rapat pleno yang mendapatkan pengamanan ketat dari Polres Jembrana ini, diawali dengan penyampaian masing-masing Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk perolehan suara masing-masing pasangan calon di wilayahnya.

Pasangan Abang yang merupakan pasangan petahana, unggul di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Jembrana yaitu Negara, Jembrana, Melaya, Mendoyo dan Pekutatan.

Di Kecamatan Negara, pasangan Sigy mendapatkan 14.941 suara sementara Abang 21.991 suara, Kecamatan Jembrana Sigy meraih 10.569 suara sedangkan Abang 17.068 suara.

Pasangan Abang yang diusung PDI P juga menang di Kecamatan Melaya yang merupakan tempat kelahiran dan tinggal I Putu Artha dengan meraup 20.483 suara, sementara Sigy mendapatkan 6.216 suara.

Di Kecamatan Mendoyo pasangan Sigy juga kalah dengan mendapatkan 13.011 suara, sementara Abang 19.001 suara, dan terakhir kemenangan juga diraih Abang di Kecamatan Pekutatan dengan 12.558 suara sementara Sigy 2.857 suara.

Atas hasil rekapitulasi tingkat kabupaten ini, masing-masing saksi pasangan calon menyatakan bisa menerima, meskipun KPU memberikan waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke MK jika kurang puas.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015