Mangupura (Antara Bali) - Badan Perencanaan Pengembangan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Badung berhasil meraih juara pertama dalam lomba Arsip antar SKPD di lingkungan pemerinahan daerah itu.

"Kami berharap ke depannya semua SKPD melakukan pengarsipan lebih baik lagi, karena arsip merupakan urusan wajib dalam pengelolaan dan penataan secara berkelanjutan bukan saja pada saat dilakukan lomba," kata Kepala Kantor Arsip Daerah, Arimbawa selaku Ketua Panitia Lomba, di Badung, Senin.

Dalam penyerahan piagam dan piala lomba Arsip itu diserahkan Penjabat Bupati Badung Harry Yuda Saka di Lapangan Puspem Badung Mangupraja Mandala yang diterima langsung sekretaris Bappeda dan Litbang Agus Ariawan.

Sedangkan, juara kedua diraih oleh BPMD-PD, Juara ketiga Sekretariat Daerah Badung, juara harapan satu dari Dinas Cipta Karya, juara harapan dua Inspektorat dan juara harapan tiga diraih Dinas Bina Marga dan Pengairan.

"Lomba ini sendiri diikuti 18 SKPD dilingkungan Pemkab Badung," ujarnya

Ia mengatakan, sesuai dengan Undang-Undnag Nomor 43 Tahun 2009 Perda Kabupaten Badung Nomor 22 Tahun 2013 dan Perbup Nomor 58 Tahun 2014 tentang kearsipan, lomba kearsipan ini bertujuan untuk memotivasi SKPD untuk melakukan penataan dan pengelolaan arsipnya lebih baik.

Penilaian dilakukan dari 26 Oktober hingga 9 November, sedangkan untuk menentukan peringkat juara sepenuhnya diserahkan kepada Tim Penilai Lomba Arsip yang berasal dari Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali serta dari Universitas Udayana.

Aspek yang dinilai ada tiga meliputi penerapan system kearsipan dan temu balik arsip, non teknis terkait SDM kearsipan dan prasarana kearsipan dan motto arsip. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015