Gianyar (Antara Bali) - Keseriusan Pemkab Gianyar dalam mengembangkan dan membangkitkan keberadaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sebagai bentuk pembangunan ekonomi kerakyatan  mendapatkan penghargaan dari  perwakilan Hongkong Trade Development Council (HTDC), bersama dengan BPC Hipmi Gianyar, dan JCI Ubud.

Penghargaan itu diterima oleh Sekkab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra.
 
Rachel Kurniawan, Marketing Manager HTDC usai menyerahkan penghargaan menyatakan, penghargaan berkat dukungan Pemkab Gianyar terhadap perkembangan dari dunia UKM dan usaha mikro untuk terus berkembang dan dikenal di kancah internasional.

Jika keberadaan mereka tak lepas dari upaya membantu pengusaha, khususnya UKM dan usaha mikro dalam memperkenalkan produk mereka secara internasional. Kenapa Hongkong, karena selama ini pameran yang dilaksanakan di Hongkong tak hanya menyasar pasar Hongkong atau Tiongkok. Tapi Hongkong sendiri merupakan jalan memperkenalkan produk UKM secara internasional. Istilahnya, ketika sebuah produk berhasil menembus Hongkong, secara tak langsung akan dikenal secara Internasional.

Rachel menambahkan, di Gianyar sendiri sebenarnya banyak hasil UKM baik itu berupa aksesoris, perak, cinderamata, dan lainnya yang memiliki peluang besar menembus pasar internasional. Karena itulah, pihaknya menggandeng para pengusaha muda di Gianyar, untuk turut membantu UKM dalam mempromosikan produk mereka.

“Menurut saya siapa yang tidak kenal Gianyar. Banyak produk UKM dan usaha mikro di Gianyar yang memiliki nilai jual tinggi. Karena itu kami berupaya ikut ambil bagian untuk membuat produk ini lebih go internasional, Apalagi dalam setahun, HTDC setidaknya melaksanakan 35 kali pameran. Inilah kesempatan bagi mereka untuk ambil bagian,” terangnya. Sekaligus memastikan kerjasama dengan Pemkab Gianyar, akan terus berlanjut ke depannya.

Sementara itu, Gus Gaga yang menerima penghargaan bagi Pemkab Gianyar itu menyatakan, bangga dengan pengusaha-pengusaha muda tersebut. Sebab kesan persaingan yang sengit antar pengusaha, langsung hilang usai pertemuan tersebut.

“Saya bangga, anda-anda masih muda, namun sudah berkembang dan memiliki pemikiran ke depan. Ketika anda yang sudah sukses, juga memikirkan rekan-rekan anda yang lain,” ucapnya.

Sedangkan terkait peningkatan peran serta Pemkab Gianyar, khususnya dalam hal pembiayaan untuk menyertakan UKM dan usaha mikro dalam setiap pameran. “Kami siap menfasilitasi, termasuk dalam masalah biaya. Tapi sebelum itu, tentu harus ada MoU antara pemerintah dengan stakeholder pengusaha, seperti HIPMI dan lainnya,” pungkasnya.

Kedatangan HTDC juga terkait dengan beberapa agenda yang dilaksanakan HIPMI Gianyar. Seperti pelantikan BPC Hipmi Gianyar yang dilaksanakan pada 5 November lalu dengan I Wayan Gede Ari Danangga selaku Ketua Umum. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015